UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SDN RANDEGAN WETAN I DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PPT
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8432Abstract
Presentasi ketuntasan hasil belajar siswa kelas satu masih sangat rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka diterapkan sebuah model pembelajaran yaitu Model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes, survei dan lembar observasi. Setelah tindakan dilakukan dengan model discovery learning, hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan dari tiap siklus, mulai dari siklus ke-1, siklus ke-2, kemudian siklus ke-3 jumlah ketuntasan siswa dalam belajar meningkat. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa apabila model pembelajaran Discovery Learning guru terapkan di kelas, maka tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat.
Keywords:
model pembelajaran, discovery learning, PPT, hasil belajarDownloads
References
Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112. https://doi.org/10.21009/jppp.062.08
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asikin. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru Sekolah Model. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 2(2), 103–111.
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Heri Pranoto, Y., & Inharjanto, A. (2020). Merevitalisasi Penggunaan Bahasa Inggris pada Satuan Pendidikan. Jurnal Humanipreneur, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.53091/jhup.v1i1.7
Hermoyo, R. P., Sujinah, Endang, M., & Asror. (2015). Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Yang Lebih Baik Pada Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu …, 15(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/91
Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2021). Performance of Educational Assessments: Integrated Assessment as an Assessment Innovation during the Covid-19 Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 2708–2718. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.5777
Kamaludin, K., Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar, 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605
Kristianty, D., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Metode Ceramah Dan Dialog Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 3(1), 21–30.
Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Rustiani Gibran, Kamaludin Kamaludin, Nuruddin Araniri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.