UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SDN RANDEGAN WETAN I DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PPT

Authors

  • Rina Rustiani Gibran SD Negeri Randegan Wetan 1, Kabupaten Majalengka, Indonesia
  • Kamaludin Kamaludin Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • Nuruddin Araniri Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8432

Abstract

Presentasi ketuntasan hasil belajar siswa kelas satu masih sangat rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka diterapkan sebuah model pembelajaran yaitu Model Discovery Learning. Teknik  pengumpulan  data diperoleh  dari tes, survei dan  lembar  observasi.  Setelah  tindakan dilakukan  dengan model discovery  learning, hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan dari tiap siklus, mulai dari siklus ke-1, siklus ke-2, kemudian siklus ke-3 jumlah ketuntasan siswa dalam belajar meningkat. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa apabila model pembelajaran Discovery Learning guru terapkan di kelas, maka tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat.

Keywords:

model pembelajaran, discovery learning, PPT, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112. https://doi.org/10.21009/jppp.062.08

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru Sekolah Model. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 2(2), 103–111.

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Heri Pranoto, Y., & Inharjanto, A. (2020). Merevitalisasi Penggunaan Bahasa Inggris pada Satuan Pendidikan. Jurnal Humanipreneur, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.53091/jhup.v1i1.7

Hermoyo, R. P., Sujinah, Endang, M., & Asror. (2015). Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Yang Lebih Baik Pada Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu …, 15(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/91

Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2021). Performance of Educational Assessments: Integrated Assessment as an Assessment Innovation during the Covid-19 Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 2708–2718. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.5777

Kamaludin, K., Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar, 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605

Kristianty, D., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Metode Ceramah Dan Dialog Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 3(1), 21–30.

Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25

Downloads

Abstract Views : 71
Downloads Count: 31

Published

2022-10-31