PENGARUH MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
(Studi Di MTs Negeri se-Kabupaten Majalengka)
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i2.7303Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriftif analitik untuk mengetahui kualitas pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri se-kabupaten Majalengka, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampel, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan penyebaran kuisioner kepada para responden, analisis data bersifat kuantitatif dengan alat statistik SPSS dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kontribusi pengaruh secara simultan dari variabel Manajemen Mutu Terpadu (X1) dan kompetensi profesional guru (X2) terhadap kualitas pembelajaran 87,47% dan sisanya sebesar 12,53% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang diteliti. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoretis berkaitan dengan kualitas pembelajaran guru bahasa Arab yang dipengaruhi oleh manajemen mutu terpadu dan kompetensi profesional guru sehingga dapat dikembangkan sebagai kebijakan baru pada sektor pendidikan pada umumnya dan kualitas pembelajaran bahasa Arab pada khususnya.
Kata Kunci:
manajemen mutu, kompetensi profesional, pembelajaran, bahasa arabUnduhan
Referensi
Benardi, A. I. (2018). Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Geografi Dan Ips Di SMP N 1 Karimunjawa, Mts Dan Ma Nu Safinatul Huda Pulau Karimunjawa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1). https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.13905
Hartawan, A. (2020). Kontribusi Kompetensi Pedagogik Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 41–50. http://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Harun, C. Z., Nur, M., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(1), 93–103.
Kamaludin, K. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Pendidikan Model Transformasional Terhadap Disiplin Kerja Guru Mts Ma’Arif Nu 12 Desa Bulakparen Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(5), 39–51. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/377
Kamaludin, K. (2023). How to Improve the Performance of Public Elementary Schools? an Empirical Evidence from Indonesia. Jurnal Prima Edukasia, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60290
Oupen, S. M., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Pohan, S. (2018). Manajemen Sekolah: Wujudkan Guru Profesional. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 51. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.265
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Sari, K. P., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.110
Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(2). https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049
Sunarko, A., & Sholeh, S. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Al Tarmasi. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(02), 233–253. https://doi.org/10.32699/liar.v2i02.652
Zawawi, A. H., & Sa’diyah, M. (2021). Kepemimpinan pada Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam di MTs. Al-Ma’tuq Cisaat Sukabumi. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.499
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Juju Julaeha , Lalan Soeherlan Soekamta , Kania Agustina Pahlawani, E. Kosmajadi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.