PERANAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS PARTISIPATIF DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i1.11900Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan kepemimpinan berbasis partisipatif di lingkungan sekolah dasar dan menganalisis strategi partisipatif yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam melibatkan guru, siswa, orang tua, dan masyarakat untuk mendukung pengembangan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah, serta analisis dokumen dengan fokus pembahasan peranan kepala sekolah berbasis partisipatif dalam meningkatkan keunggulan kompetitif sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kepemimpinan berbasis partisipatif oleh kepala sekolah berkontribusi pada peningkatan keunggulan kompetitif sekolah dasar. Keterlibatan stakeholder menciptakan rasa memiliki yang kuat, mendorong inovasi, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, pengembangan profesional yang terjadi di antara guru melalui kolaborasi dalam bekerja tidak hanya meningkatkan keterampilan guru, tetapi juga berpengaruh positif terhadap pengalaman belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoretis dalam memperkaya teori kepemimpinan pendidikan dengan menekankan peran partisipasi dalam pengelolaan sekolah dasar serta menghasilkan model teoritis baru yang dapat menjadi rujukan untuk mempelajari hubungan antara kepemimpinan partisipatif dan keunggulan kompetitif sekolah.
Keywords:
Kepala Sekolah, Partisipatif, Keunggulan Kompetitif, Sekolah DasarDownloads
References
Harapan, E. (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1014
Hartati, S. (2022). Evaluasi Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Nenerapkan Konsep Manajemen Mutu, Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70
Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri Di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.50
Kamaludin, K. (2023). How to Improve the Performance of Public Elementary Schools? an Empirical Evidence from Indonesia. Jurnal Prima Edukasia, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60290
Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar …, 2019, 916–927. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Lestari, L. P., & Rahmawati, F. P. (2022). Kesulitan Orang Tua dan Guru Saat Pendampingan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5501–5507. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3048
Lumban Gaol, N. T., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039
Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 58. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p58-67
Prastianto, R. W., Mustain, M., Pratikno, H., Handayanu, H., & Miftakh D.S, D. P. H. Z. U. &. (2019). Peningkatan Budaya Belajar-Mengajar Dan Reputasi Sekolah Melalui Penerapan Sistem Monitoring Pembelajaran Online. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3350
Purwani, A. T. (2021). Dampak Peningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Terhadap Mutu Lembaga Pendidikan. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(2), 44–54. http://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/14%0Ahttps://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/download/14/23
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 54–62. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.173
Sholeh, I. M. (2023). Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234. https://competitive.pdfaii.org/Journalwebsite:https://competitive.pdfaii.org/https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41
Sila, I. M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis SPMI Dalam Meningkatkan Pelayanan Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 8(2), 1–10.
Sulaeman, M. (2022). Urgensi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di Lembaga Pendidikan Islam. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 16(1). https://doi.org/10.30762/realita.v16i1.674
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kamaludin Kamaludin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.