PENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI RA NURUL HUDA

Authors

  • Lala Nurlaela Universitas Majalengka
  • Kamaludin Kamaludin Universitas Majalengka
  • M. Saroni Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7026

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak dengan menggunakan metode karyawisata. Bertempat di lingkungan sekolah RA Nurul Huda. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sampel sebayak 11 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Setelah dianalisis dengan teknik obeservasi maka hasil penelitian menunjukkan: 1) Kecerdasan naturalis anak sebelum menggunakan metode karyawisata masih rendah dengan persentase 49.43%. 2) terdapat peningkatan kecerdasan naturalis anak setelah penerapan metode karyawisata sebesar 69.88%. 3) Hasil penerapan metode karyawisata dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak mengalami peningkatan yang  signifikan yaitu  sebesar 81.82%, anak dapat mengenal, menanam, dan merawat tanaman serta dapat mengeksplor lingkungannya.

Keywords:

Metode karyawisata, Kecerdasan naturalis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Sumitra, & Meida Panjaitan. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 35–42. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3342

Amstrong, M. (2009). Armstrong’s Handbook Of Performance Manajemen. An Evi Dence-Based Guide To Delivering High-Performance India. Replika Press Pvt L Td.

Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05

Hildebrand, V. (1986). Introduction to Early Childhood Education, 4 th, ed. New York : Mac Millan Publishing Co.

Hurlock, E. . (2002). Psikologi Perkembangan. 5th edition. Jakarta: Erlangga.

Moeslichatoen. (1996). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Rineka Cipta.

Mukti, T. S., Utami, M. A. P., & Puspitasari, F. F. (2020). Sekolah Alam: Evaluasi Program Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik Dan Kinestetik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 123–132. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3542

Rihatno, T., Yufiarti, Y., & Nuraini, S. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dan Orangtua Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117–128. https://doi.org/10.21009/jpud.111.08

Shofia Maghfiroh, & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. (2003). Jakarta.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Abstract Views : 101
Downloads Count: 81

Published

2023-10-31