Pengaruh Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Islam Al-Mughni Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan budaya literasi di sekolah dan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan literasi terhadap minat baca siswa kelas III SDI Al-Mughni tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasional yang beraliran positivisme, digunakan untuk meneliti pada sampel atau populasi tertentu. Dengan adanya pojok baca di kelas III meningkatkan minat baca siswa dan guru menerapkan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan budaya literasi masih terlaksana dengan baik. Hal ini berarti implementasi kebijakan gerakan literasi sekolah dalam rangka pembiasaan literasi dapat mempengaruhi minat baca siswa. Dengan demikian, diharapkan pembiasaan literasi dapat menjadi budaya positif yang diterapkan di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswa.