IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULES MENENTUKAN POLA PEMILIHAN MENU DI THE GADE COFFEE & GOLD MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Abstract Views : 251 / Downloads Count: 251

Authors

  • Fachri Amsury
  • Ika Kurniawati Universitas Nusa Mandiri
  • Muhammad Rizki Fahdia

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5357

Keywords:

Data Mining, KDD, Asosiasi, Apriori

Abstract

ABSTRACT

The Gade Coffee & Gold produces a lot of sales transaction data every day that is stored in the database, but this data has not been maximized in conducting analysis to produce new knowledge, based on this problem it is necessary to carry out an analysis using a data mining approach and applying association techniques. Data mining is able to analyze data into information by applying association techniques to find several purchasing patterns that are useful to assist companies in the process of making business decisions such as determining product cross-selling, determining promotional programs, and so on. This study aims to determine the pattern of combinations of food and drinks ordered by customers by applying the Apriori method based on sales transaction data for the month of September 2022. The results show that there are 16 association rules with the highest support value which is 6.8% with a confidence value of 85 .7% and the Lift value is 111%, with the rule formed that if a customer buys an Almond Croisant product, there is a chance that the customer will also buy Van Lenning – Iced products.

Keywords: Data Mining, KDD, Association, Apriori

 

ABSTRAK

The Gade Coffee & Gold setiap harinya menghasilkan banyak data transaksi penjualan yang tersimpan dalam basis data, namun data tersebut  belum dimaksimalkan dalam melakukan analisa untuk dapat menghasilkan suatu pengetahuan baru, berdasarkan masalah tersebut perlu dilakukan sebuah analisa dengan menggunakan pendekatan data mining serta menerapkan teknik asosiasi. Data mining mampu menganalisa data menjadi sebuah informasi dengan menerapkan teknik asosiasi dapat menemukan beberapa pola pembelian yang berguna untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan bisnis seperti menentukan cross-selling produk, menentukan program promosi, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola kombinasi dari makanan dan minuman yang dipesan oleh pelanggan dengan menerapkan metode Apriori  berdasarkan data transaksi penjualan periode bulan September 2022.  Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16 aturan asosiasi dengan nilai support tertinggi adalah 6,8% dengan nilai confidence sebesar 85,7% dan nilai Lift 111%, dengan aturan yang terbentuk yaitu apabila pelanggan membeli produk Almond Croisant peluang pelanggan juga membeli produk Van Lenning – Iced.

Kata Kunci: Data Mining, KDD, Asosiasi, Apriori

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nita Syahputri (2020). Penerapan Data Mining Asosiasi pada Pola Transaksi dengan Metode Apriori. https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti

Rizki Prasetyo Tulodo, Wahyudin & Muhammad Akbar Syafii (2021). Peningkatan Penjualan Oriental Café Menggunakan Algoritma Apriori https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.236

Efani Desi, Siti Aliyah & Fitri Pranita Nasution (2021). Penerapan Metode Apriori Untuk Menentukan Stok Barang Berdasarkan Persentase Barang yang Dibeli Konsumen

Rival Afandi, Refri Martiansah, Laras Mayangda Sari, Sofia Fulvi Intan, Joliando Pulungan (2022). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Transaksi Pembelian Minuman dan Makanan di Coffee Gubuk. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas

Paujiah Nur Harahap & Sulindawaty (2019). Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus PT. Arma Anugerah Abadi Cabang Sei Rampah).

Kamil Erwansyah, Beni Andika & Rudi Gunawan (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile.

Frismadani Anggita Priyana & Acun Kardianawati (2015). Data Mining Asosiasi Untuk Menentukan Cross-Selling Produk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth Pada Koperasi Karyawan Pt. Phapros Semarang. https://core.ac.uk/display/35380479?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Fitri Nurchalifatun (2015). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok Kopi.

Marina Rajagukguk, Rafiqa Dewi, Eka Irawan, Jaya Tata Hardinata & Irfan Sudahri Damanik (2020). Implementasi Association Rule Mining Untuk Menentukan Pola Kombinasi Makanan Dengan Algoritma Apriori.

Ahmad Adri, Nelci Dessy Rumlaklak & Derwin R. Sina (2021). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan (Studi Kasus: Toko UD. Suryani).

https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5132

Siti Aisyah & Normah (2019). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Di Swalayan

Koperasi Bappenas Jakarta Pusat.

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma

Fachri Amsury (2022). Penerapan Metode Asosiasi Dalam Analisa Data Penjualan Perusahaan Manufaktur.

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Amsury, F., Kurniawati, I., & Rizki Fahdia, M. (2023). IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULES MENENTUKAN POLA PEMILIHAN MENU DI THE GADE COFFEE & GOLD MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. INFOTECH Journal, 9(1), 279–286. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5357

Issue

Section

Articles