NAIVE BAYES DAN WORDCLOUD UNTUK ANALISIS SENTIMEN WISATA HALAL PULAU LOMBOK

Abstract Views : 716 / Downloads Count: 686

Authors

  • Irvandi STMIK IKMI Cirebon
  • Bambang Irawan STMIK IKMI Cirebon
  • Odi Nurdiawan STMIK IKMI Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5322

Keywords:

Naive Bayes, world, cloud, sentimen, analisis, wisata

Abstract

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata halal di Indonesia dan sudah diakui dunia. Untuk membuktikan asumsi tersebut berdasarkan sumber dari opini wisatawan, maka perlu dilakukan analisis sentimen apakah keberadaannya sesuai dengan yang diharapkan. Google Maps merupakan salah satu platform yang dapat menunjukkan lokasi pulau Lombok beserta ulasan tertulis dari wisatawan yang pernah berkunjung. Pengumpulan data ulasan dilakukan melalui teknik Web Scraping pada Google Maps Review, kemudian data diolah menggunakan RapidMiner dengan algoritma Naive Bayes. Visualisasi Wordcloud juga ditampilkan untuk memunculkan kata-kata yang sering diutarakan wisatawan. Text preprocessing yang dilakukan meliputi tokenize, filter token by length, transform case, stopword, dan stemming. Dari hasil pengujian model algoritma Naive Bayes didapatkan tingkat akurasi sebesar 74,75%. Visualisasi Wordcloud juga menemukan kata terbanyak teratas antara lain "indah", "wisata". “pantai”, “alam”, “gunung”, dan “masjid”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bambang Irawan, STMIK IKMI Cirebon

Program Studi Teknik Informatika

Odi Nurdiawan, STMIK IKMI Cirebon

Program Studi Teknik Informatika

References

Amaliah, F., & Nuryana, D. I. K. (2022). Perbandingan Akurasi Metode Lexicon Based Dan Naive Bayes Classifier Pada Analisis Sentimen Pendapat Masyarakat Terhadap Aplikasi Investasi Pada Media Twitter. Journal of Informatics and Computer Science, 03.

Atmadja, B. R. (2022). Analisis Sentimen Bahasa Indonesia Pada Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi Dengan Naïve Bayes. 15(2), 371–382. http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkompage371

Ayu Rizaty, M. (2022, November 3). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022

Deviacita, D. A., Sasty, H. P., & Muhardi, H. (2019). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace. 7(4).

Haq, F. U. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW SEBAGAI PENILAIAN KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM PARIWISATA. Tornare, 2(1), 10. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25826

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Siti Utami, D., & Erfina, A. (2022). Analisis Sentimen Objek Wisata Bali Di Google Maps Menggunakan Algoritma Naive Bayes. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 6, Issue 1).

Sudianto, Wahyuningtias, P., Warih Utami, H., Ahda Raihan, U., Nur Hanifah, H., & Nicholas Adanson, Y. (2022). COMPARISON OF RANDOM FOREST AND SUPPORT VECTOR MACHINE METHODS ON TWITTER SENTIMENT ANALYSIS (CASE STUDY: INTERNET SELEBGRAM RACHEL VENNYA ESCAPE FROM QUARANTINE). Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 3(1), 141–145. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.1.168

Thomas, V. W. D., & Rumaisa, F. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Hotel Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine dan TF-IDF. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(3), 1767. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4218

Downloads

Published

29-05-2023

How to Cite

Irvandi, Irawan, B., & Nurdiawan, O. (2023). NAIVE BAYES DAN WORDCLOUD UNTUK ANALISIS SENTIMEN WISATA HALAL PULAU LOMBOK. INFOTECH Journal, 9(1), 236–242. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5322

Issue

Section

Articles