Analisis Morfologi Bahasa Indonesia Dalam Kumpulan Puisi Karya Sutardzi Calzoum Bachri

Authors

  • Deden Sutrisna FKIP, Universitas Majalengka
  • Dewi Robiatul Adawiyah Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.965

Keywords:

morfologi, puisi kontemporer, proses morfologi, klasifikasi kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur pembangun puisi dalam kumpulan puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri meliputi unsur bunyi, kata, larik atau baris, bait dan tipografi, mendeskripsikan proses morfologi yang terdapat pada puisi-puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri, dan mengklasifikasi  kata yang terdapat pada puisi-puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri serta penempatannya. Subjek penelitian ini adalah puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri berjudul Ah, Dapatkau, Colonnes Sans Fin, Pot, Herman, O, Solitude, Kakekkakek & Bocahbocah, Denyut, dan Tik yang terdapat dalam buku O Amuk Kapak. Objek penelitian ini adalah kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah morfologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, karena prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari objek yang diamati. Cara kerja penelitian kualitatif menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil penelitian. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan penyimpangan morfologi digunakan teknik baca dan catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Hasil penelitian analisis morfologi dalam puisi kontemporer karya Sutardji Calzoum Bachri terdapat 4 penyimpangan yaitu: 1) penggabungan dua kata atau lebih, 2) penghilangan imbuhan, 3) pemutusan kata, dan 4) pembentukan jenis kata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachri, S. C. (2002). O Amuk Kapak. Jakarta: Yayasan Indonesia dan Horison

Bungin, B. (2003). Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fauji, D. A. (2019). Menghidupkan Ruh Puisi. Bandung: Situseni.

Faizun, M. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi Ada Tilgram Tiba Senja Karya W.S. Rendra: Kajian Stilistika. Jurnal Kredo, 4 (1), DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4658)

Harsia, H. (2015). Interferensi Gramatical Bahasa Jawa terhadap Bahasa Indonesia pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1(1), 1-12.

Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Ladi, M., Kodong, F., & Lotulung, D. R. (2020). Proses Morfofonemik Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Siau (Suatu Analisis Kontrastif). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 14.

Septiaji, A. (2017). Kompetensi Bahasa Indonesia. Majalengka:CV Insan Cerdas Bermanfaat.

Simpen, I. W. (2017). Dinamika Pembentukan Kata Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(2), 319-330.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, N. (2015). Afiks Pembentuk Verba dalam Bahasa Bugis dialek Luwu. Jurnal Humanika, 3(15).

Widianti, N. dkk. (2020). Kajian Stilistika dalam Puisi “Tragedi Winka & Sihka” Karya Sutardji Calzoum Bachri. Jurnal Cakrawala Linguista, 3 (2) Doi: https://dx.doi.org/10.26737/cling.v3i2.2251)

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Deden Sutrisna, & Adawiyah, D. R. . (2021). Analisis Morfologi Bahasa Indonesia Dalam Kumpulan Puisi Karya Sutardzi Calzoum Bachri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 639–656. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.965

Most read articles by the same author(s)