Efektivitas Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Youtube Dalam Menulis Teks Berita
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9417Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis teks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dalam peningkatan keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experiment dan desain penelitian yang menggunakan pretest and posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Karawang Barat kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan posttest dengan dinilai oleh 5 instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) cukup efektif terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai eksperimen pada pre-test sebesar 48,33 dan rata-rata post¬-test mencapai 82,62 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil pre-test sebesar 42,22 dan rata-rata post-test sebesar 67,36. Berdasarkan hasil tersebut, perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Adapun hasil Independent Sample T Test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan hasil sig 2-tailed sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 5% atau 0,005. Hal ini menunjukkan bawah Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun hasil N-Gain score yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 67,61% termasuk ke dalam kategori cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol 42% termasuk kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dikemukakan pendapat bahwa model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) cukup efektif terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita.
Keywords:
Model pembelajaran CORE, Media Youtube, Menulis teks beritaDownloads
References
Al-Zahrani, M. (2021). The Impact of Reflective Teaching on Students' Critical Thinking Skills in Higher Education. Journal of Educational Psychology, 113(2), 234-248. https://doi.org/10.1037/edu0000456
Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2022). Using Digital Tools to Enhance Student Engagement and Learning: A Comprehensive Guide. Educational Technology Research and Development, 70(4), 955-974. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10034-5
Field, A. (2022). Discovering Statistics Using SPSS (6th ed.). SAGE Publications.
Hattie, J., & Yates, G. (2022). Visible Learning: A Synthesis of Over 1,200 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
Munirah. (2015). Dasar Keterampilan Menulis. Makassar: Universitas Muhamaadiyah Makassar.
Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2014). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: 2014.
Vygotsky, L. S. (2021). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wang, X., Liu, S., & Zhang, Y. (2023). The Role of Visual Media in Enhancing Conceptual Understanding in Education. International Journal of Educational Technology, 19(1), 15-29. https://doi.org/10.1109/IJET.2023.00018
Yildiz, M., Bozkurt, A., & Doğan, M. (2022). The Impact of Educational Videos on Students' Learning Outcomes: A Meta-Analysis. Educational Media International, 59(3), 213-231. https://doi.org/10.1080/09523987.2022.2109765
Zainurahman. (2020). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: 2020
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nurjanah, Hendra Setiawan, Imam Muhtarom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work