Survey Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Manajemen Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bogor Tahun 2020

Authors

  • Dadan Samsul Badar STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Wawan Karsiwan STKIP Muhammadiyah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.910

Abstract

Survey kepuasan mahasiswa atas layanan manajemen pendidikan ini dilakukan untuk melakukan evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa atas layanan manajemen pendidikan yang telah dilakukan oleh STKIP Muhammadiyah Bogor. Tujuan dari survei ini adalah untuk melakukan evaluasi dan merencanakan program peningkatan mutu layanan lembaga terhadap mahasiswa. Hal ini, penting dilakukan dimana mahasiswa sebagai pelanggan utama pendidikan perlu mendapat prioritas dalam layanan manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik survey dan pengolahan data dilakukan melalui statistik sederhana berupa prosentase. Survey dilakukan terhadap 75 mahasiswa mewakili empat program studi yang ada dengan mengukur enam indikator layanan manajemen pendidikan yang terdiri dari: Kurikulum, Tenaga Pendidikan, Keuangan, Sarana Prasarana, Layanan administrasi akademik dan keuangan. Hasil survey menunjukkan bahwa, pada indikator kurikulum masih terdapat 17% mahasiswa yang menyatakan masih sangat tidak puas dan tidak puas, pada indikator tenaga pendidik (Dosen) masih terdapat sebesar 5% mahasiswa menyatakan tidak puas, indikator Sarana Prasarana masih terdapat mahasiswa sebesar 53% menyatakan tidak puas dan 13% menyatakan sangat tidak puas, Indikator keuangan masih terdapat mahasiswa sebesar 30% menyatakan tidak puas dan 3% menyatakan sangat tidak puas, dan indikator terakhir layanan administrasi akademik dan keuangan, masih terdapat mahasiswa sebesar 25% menyatakan tidak puas dan 7% menyatakan sangat tidak puas. Dari hasil survey tersebut, nampak pada indikator pemenuhan sarana prasarana masih sangat tinggi, sehingga perlu mendapat prioritas dalam program pengembangan layanan secara bertahap dan berkelanjutan yang selanjutnya diikuti oleh aspek keuangan, kurikulum dan tenaga pendidik

Keywords:

kepuasan mahasiswa, manajemen pendidikan, manajemen pelayanan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 884
Downloads Count: 732

Published

2021-03-10

How to Cite

Badar, D. S., & Karsiwan, W. . (2021). Survey Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Manajemen Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bogor Tahun 2020. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 182–188. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.910

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.