Penerapan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Tata Cara Berwudhu

  • Syarif Muhoyidin SDN Baturuyuk I Dawuan
Keywords: metode demonstrasi, aktivitas belajar, pemahaman siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) konsep tata cara berwudhu siswa kelas I SDN Baturuyuk I Kecamatan Dawuan. Berdasarkan tujuan tersebut, maka penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan subyeknya adalah siswa-siswi kelas I SDN Baturuyuk I Kecamatan Dawuan tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi tata cara berwudlu.

Published
2021-03-10
How to Cite
Muhoyidin, S. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Tata Cara Berwudhu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 213-219. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.895
Section
Articles