Penerapan Media Papan Catur terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurjaman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8826

Abstract

Semua mata pelajaran yang ada di jenjang pendidikan tentu saja memiliki isi dan bentuk  pemahaman yang beragam. Salah satunya adalah matematika dengan tujuannya yakni agar peserta didik memiliki kemampuan untuk menggunakan penalaran pada pola dan sifat hingga memecahkan masalah. Namun pada kenyataannya, matematika sering kali dijadikan sebagai mata pelajaran yang sukar, sulit, dan menakutkan untuk di fahami serta sering kali dijadikan momok atau permasalahan oleh siswa sehingga dalam penerimaan pemahaman materi yang diberikan oleh guru kurang bisa diterima dengan baik oleh siswa. Maka dari itu perlu adanya suatu media pembelajaran yang mumpuni untuk tercipta hasil belajar yang baik.  Untuk itu peneliti ingin melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media papan catur dengan tujuan mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan media papan catur untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa sekolah dasar serta engetahui sejauh mana peningkatan pembelajaran melalui penerapan media papan catur dalam meningkatkan hasil belajar siswa disekolah dasar. Adapun Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum tindakan hanya 60% siswa yang menuntaskan nilai hasil belajarnya dengan rata-rata nilai 60. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I  terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 75% dengan rata-rata nilai 75. Kemudian, dilakuan  kembali tindakan yakni siklus II memperoleh persentase 81% dengan rata-rata nilai 81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan catur mampu membantu siswa dalam mencapai hasil belajar di mata pelajaran matematika yang optimal.

Keywords:

Media Papan Catur, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, s. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25-33

Aktivitas, P, (2023), HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAP TURRRET ELSE (Elementary School Education, 7(1), 1-14.

Ardianto Ardan, Supriyono. (2021) Pembinaan Prestasi Induk Organisasi Cabang Olahraga Catur Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport. 2 (1), 2021, 197 – 204.

Fahmi, Chamidah Dina, Hasyda Suryadin, Muhammadong, Saraswati Sari, Muhsam Julhidayat, Listiyani Rochmawati Laily, Rahmawati Kristiana Heny, Yanuarto Nugroho Wanda, Maiza Masfa, Tarjo, Wijayanti Astuti. (2021) Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: Penerbit Adab.

Fadjarajani Siti. Indrianeu Tineu. Haekal T. M. Purnama Ita Yuniarta. Abdullah Gamar. Saleh Meylan. Hasanudin Cahyo. Srinawati Wawat. Kurniawan Yuli Prasetyo. Riyanto Slamet. Sriekaningsih Ana. Mumtahana Atun Hani. Widyaningrum Kusuma Heny. Nasir Muh. Rahmat Abdul. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hasbi Aditya Farhan. (2021). Pengembangan Media Papan Catur digitalUntuk Materi Bangun Ruang Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 2021, 962–967

Kencana Rachmadina Tri, Usman Herlina, Sekaringtyas Tunjungsari, (2021), Pengebangan Media Permainan Catur Rangka Materi Sistem Gerak Manusia Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 313-321

Lestari Indah, Jafaruddin, Risaldi Akmal, (2021). Minat Siswa Terhadap Cabang Olahraga Permainan Catur Pada Sma Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Kejuruan Pendidikan. 3 (4), 2023, 2774-9916.

Marlina Rini, Rusdi, Fitri Haida, Rahmi Ulva (2022). Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Media Papan Catur Harimau di Kelas VIIISmpn 2 Gunuang Omeh. Jurnal Pendidikan dan Konseling,

Nurfadhilah Septy, Ningsih Dwi Aulia, Ramadhania Putri Rizky, Sifa Umi Nur, (2021), Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255

Sappaile Baso Intang. Pristiwaluyo Triyanto. Deviana Itha (2022). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa. Makassar: Global RCI.

Setiawan Usep, Malik Amit Saepul, Megawati Irma, Wulandari Dyah, Nurazizah Asri, Nurjaman Dadang, Nurhasanah Tina, Nuranisa Vina, KoswarinDini i, Mulyana, Maldini Cecep (2022). Media Pembelajaran. Cara Belajar Aktif. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Siswondo Rinto. Agustina Lasia (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika 1(1), 33-40.

Wandini Rora Rizky, Sari Putri Zulva, Harahap Evrina Yanti, Ramdani Rizkia, Adila Nur Azza, (2021), Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika di SDN 34 Batang Nadengan, Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 2021, 384-391

Yayuk Erna. 2019. Pembelajaan Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Abstract Views : 647
Downloads Count: 133

Published

2024-10-07

How to Cite

Nurjaman, N. (2024). Penerapan Media Papan Catur terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8826

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.