Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

  • Eem Haemi SDN Baturuyuk II Majalengka
Keywords: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, group investigation, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi konsep tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan Islam di Indonesia dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IV SDN Baturuyuk II. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keaktifan belajar, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan siswa secara klasikal. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Baturuyuk II Majalengka.

Published
2021-03-10
How to Cite
Haemi, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 189-194. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.841
Section
Articles