Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Authors

  • Eem Haemi SDN Baturuyuk II Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi konsep tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan Islam di Indonesia dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IV SDN Baturuyuk II. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keaktifan belajar, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan siswa secara klasikal. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Baturuyuk II Majalengka.

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, group investigation, IPS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 357
Downloads Count: 256

Published

2021-03-10

How to Cite

Haemi, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 189–194. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.841

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.