Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas di Sekolah Dasar

Authors

  • Ade Semtafiani Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7367

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengembangkan suatu produk yaitu untuk      menganalisis tingkat kelayakan dan keefektifan produk yang dikembangkan untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas II SD. Penelitian danpengembangan (Research & Development) ini menggunakan langkah – langkah metode penelitian pengembanagan menurut Sugiyono dengan model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Tahap validasi produk menggunakan lembar angket penilaian untuk para ahli validator, yaitu uji validasi ahli materi dan ahli desain. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas II di SD Negeri Sidorejo Lor 02.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar layak digunakan dengan perolehan persentase ahli materi 85% dan ahli desain 85% berada pada interval 81% - 100% dengan kategori sangat tinggi. Pada hasil uji keefektifan diperoleh nilai Sig (2-Tailed) sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-Tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi buku cerita bergambar efektif untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas II SD dilihat dari adanya peningkatan angket minat baca dan hasil belajar.

Keywords:

Buku cerita bergambar, minat baca

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63.

Dhey., Michael and branch., & Robert maribe. (2009). Educational Media and Techology Year book. Newyork: Springer

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan bahan ajar membaca permulaan dengan menggunakan cerita fabel pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.

Indarini, E., Sadono, T., & Onate, M. E. (2013). Pengetahuan metakognitif untuk pendidik dan peserta didik. Satya Widya, 29(1), 40-46.

Indriani, E., Sabri, T., & Kartono. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(3), 1–10.

Kholifah, W. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Tematik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3061–3072. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1256

Meilindasari, Y. Wahyudi.(2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2).

OECD. 2019. PISA 2018 Assessmet ad Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Paramita, G. A. P. P., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11-19.

Putra, A. D. P., & Hendrawan, F. (2023). Buku Cerita Bergambar Tentang Cerita Perjuangan Tokoh Ken Umang Sebagai Media Informasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 7(01), 69-86.

Sanoto, H., & Shafa Prastania, M. (2022). Korelasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 88–95. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20559

Slameto, B. (1987). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga: Bina Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal curere, 2(2).

Downloads

Abstract Views : 811
Downloads Count: 616

Published

2024-03-15

How to Cite

Semtafiani, A., & Sanoto, H. (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 282–292. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7367

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.