PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIDACTICAL DESIGN RESEARCH YANG BERORIENTASI PENINGKATAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE

Authors

  • Mohamad Gilar Jatisunda Universitas Majalengka
  • Nia Kania Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.659

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran sedangkan kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan yang diampunya. Pedagogical Content Knowledge seorang guru dapat berkembang dengan baik seiring dengan pengalamannya dalam mengajar. Namun kenyataannya tidak semua memberikan pengalaman yang baik bagi pengembangan Pedagogical Content Knowledge. Sehingga penting mempersiapkan calon guru matematika mempunyai Pedagogical Content Knowledge yang baik. Alternatif pengembangan. Pedagogical Content Knowledge adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis Didactical Design Research, dimana bahan ajar yang di hasilkan sesuai dengan kondisi respon mahasiswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan bahan ajar melalui pembelajaran yang dapat mendorong mengembangkan pedagogical content knowledge. Pembelajaran yang memfasilitasi hal tersebut adalah pembelajaran dengan bahan ajar yang dikembangkan berbasis didactical design research (DDR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan ahli kurikulum, ahli materi dan ahli media dengan kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan penilaian guru dan siswa, bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan kualitas sangat baik. Bahan ajar juga dinilai efektif karena hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 89,01%.

Keywords:

Didactical Design Research, Pedagogical Content Knowledge, Calon Guru Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argyle, M. (2013). The psychology of happiness. Routledge.

Blömeke, S., Kaiser, G., König, J., & Jentsch, A. (2020). Profiles of mathematics teachers’ competence and their relation to instructional quality. ZDM, 1–14. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01128-y

Brousseau, G. (2006). Theory of didactical situations in mathematics: Didactique des mathématiques, 1970--1990 (Vol. 19). Springer Science & Business Media.

Carvalho, G. S., Silva, R., Lima, N., Coquet, E., & Clément, P. (2004). Portuguese primary school children’s conceptions about digestion: identification of learning obstacles. International Journal of Science Education, 26(9), 1111–1130. https://www.researchgate.net/profile/Graca_Carvalho2/publication/233613948_Portuguese_primary_school_children%27s_conceptions_about_digestion_Identification_of_learning_obstacles/links/55327a460cf2f2a588af9e81/Portuguese-primary-school-childrens-conceptio

Clément, P. (2003). Situated conceptions and obstacles. The example of digestion/excretion. In Science education research in the knowledge-based society (pp. 89–97). Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-0165-5_10

Conner, K., Webel, C., & Zhao, W. (2017). Towards a Hypothetical Learning Trajectory for Questioning. North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education.

Empson, S. B. (2011). On the idea of learning trajectories: Promises and pitfalls. The Mathematics Enthusiast, 8(3), 571–596.

Ernest, P. (2015). The social outcomes of learning mathematics: Standard, unintended or visionary? International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 3(3), 187–192. https://www.ijemst.net/index.php/ijemst/article/view/62

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–24.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2014). Applying educational research: How to read, do, and use research to solve problems of practice. Pearson Higher Ed.

Gess-Newsome, J., Taylor, J. A., Carlson, J., Gardner, A. L., Wilson, C. D., & Stuhlsatz, M. A. M. (2019). Teacher pedagogical content knowledge, practice, and student achievement. International Journal of Science Education, 41(7), 944–963. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1265158

Gudmundsdottir, S., & Shulman, L. (1987). Pedagogical content knowledge in social studies. Scandinavian Journal of Educationl Research, 31(2), 59–70. https://doi.org/10.1080/0031383870310201

Hannula, J. (2017). Subject matter knowledge and pedagogical content knowledge in the learning diaries of prospective mathematics teachers.

Herold, F. (2019). Shulman, or Shulman and Shulman? How communities and contexts affect the development of pre-service teachers’ subject knowledge. Teacher Development, 23(4), 488–505. https://doi.org/10.1080/13664530.2019.1637773

Ilanlou, M., & Zand, M. (2011). Professional competencies of teachers and the qualitative evaluation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29, 1143–1150.

Jatisunda, M. G. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri di lihat dari Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.

Kansanen, P., & Meri, M. (1999). The didactic relation in the teaching-studying-learning process. Didaktik/Fachdidaktik as Science (-s) of the Teaching Profession, 2(1), 107–116. https://www.researchgate.net/profile/Brian_Hudson5/publication/284365075_DidaktikFachdidaktik_as_the_Science-s_of_the_Teaching_Profession/links/56522cfb08ae1ef92975650d/Didaktik-Fachdidaktik-as-the-Science-s-of-the-Teaching-Profession.pdf#page=113

Lestarai, U. (2019). Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD [Learning Obstacle Analysis on Place Value Learning in Students Class II Elementary School]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 61–68.

Loughran, J. (2005). Researching teaching about teaching: Self-study of teacher education practices. Studying Teacher Education, 1(1), 5–16. https://doi.org/10.1080/17425960500039777

Maher, C. A., Sigley, R., Sullivan, P., & Wilkinson, L. C. (2018). An international perspective on knowledge in teaching mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 51, 71–79.

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54.

Muslim, S. R., Mulyani, E., & Prabawati, M. N. (2017). Kajian Learning Obstacle Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Trigonometri dalam Perkuliahan Kapita Selekta Sekolah Menengah. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(2).

Perbowo, K. S., & Anjarwati, R. (2017). Analysis Of Students’learning Obstacles On Learning Invers Function Material. Infinity Journal, 6(2), 169–176. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p169-176

Ramdhani, S. (2018). Kemampuan generalisasi mahasiswa pada perkuliahan kapita selekta matematika sma. Jurnal Analisa, 4(2), 83–89.

Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–23. https://doi.org/10.17763/haer.57.1.j463w79r56455411

Subanji, S. (2015). Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Dan Praktiknya Dalam Pembelajaran Melalui Model Pelatihan Teqip. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(1), 106225.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Profil kemampuan pedagogical content knowledge (PCK) calon guru biologi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 68–74.

Suryadi, D. (2010). Menciptakan proses belajar aktif: Kajian dari sudut pandang teori belajar dan teori didaktik. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 3–12. http://www.academia.edu/download/55599800/SEMNAS-PMAT-2013_Jurnal_Didi_Suryadi_DDR.pdf#page=13

Downloads

Abstract Views : 897
Downloads Count: 604

Published

2020-12-10

How to Cite

Jatisunda, M. G., & Kania, N. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIDACTICAL DESIGN RESEARCH YANG BERORIENTASI PENINGKATAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 635–646. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.659

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.