UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN PKN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.58Abstract
PKn adalah mata pelajaran yang dipelajari dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. PKn ini penting diberikan karena dapat memberikan pelajaran mengenai moral dengan misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun pembelajaran PKn yang dilaksanakan sekarang tidak sepenuhnya memberikan siswa paham mengenai moral. Hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sehingga diperlukan langkah-langkah preventif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yang dapat diupayakan adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penulis mencoba melakukan penelitian model pembelajaran Numbered Heads Together yang diduga model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efektivitas dari penerapan Model Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas III di Kelas III SD Negeri Karayunan II Kec.Cigasong Kab. Majalengka Tahun Pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, lembar penilaian proses, dan rekaman poto. Data diperoleh, dianalisis, dan direfleksi dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif. Dapat ditarik kesimpulan dalam penerapan pembelajaran Model Numbered Heads Together efektif menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sekaligus menciptakan suasana belajar menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Kondisi berdampak besar pada peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan Model Numbered Heads Together dapat meningkatkan proses serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Keywords:
Model Numbered heads together, Pembelajaran PKn, Hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work