Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa

Authors

  • Rabbyattul Addawiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kasriman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV dan V SDN Susukan 09 Pagi dan kendala- kendala yang dialami dalam proses pembentukan karakter disiplin. Jenis penelitian yakni penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan Miles and Huberman dan analisis data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas IV dan V serta siswa kelas IV dan V yang ada di SDN Susukan 09 Pagi. Berdasarkan hasil penelitian yakni upaya sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui kegiatan pembiasaan, pemberian contoh,  sanksi dan apresiasi. Dari keempat upaya tersebut, sikap disiplin siswa kelas IV dan Kelas V sudah terlihat jelas, baik dalam kedisiplinan waktu, pengumpulan tugas maupun berpakaian yang sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan sehingga dapat disimpulkan bahwa peran sekolah mampu membentuk karakter disiplin siswa SDN Susukan 09 Pagi dan sudah terrealisasikan dengan efektif melalui tindakan siswa yang mencerminkan karakter disiplin.

Keywords:

karakter, disiplin, sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1–6.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 203–213. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. 29(2), 369–387. Retrieved from https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/602/402

Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.

Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Edisi Revi.

Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.

Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Rresponsibility. New York: Bantam Book.

Maisyaroh, F., Malaikosa, Y. M. L., & Wana, P. R. (2022). Implementasi Budaya Disiplin Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Ma’Hadul Muta’Allimin Katerban. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 380–389. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.28610

Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113

Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170-187.

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520

Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 123–139. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21848

Rohman, A. (2012). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 155–178. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.462

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 4(8), 1113–1119. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Sumantri, H., & Munthe, F. (2023). Pentingnya Mendisiplinkan Anak Dan Implikasinya Bagi Pembentukan Karakter Anak. Jutipa: Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(1), 13–17.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Susanto, A. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 18–34.

Yani, S., Kusen, K., & Khair, U. (2020). Kebijakan sekolah dalam penerapan karakter disiplin siswa di SDN 77 Rejang Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 99-115.

Downloads

Abstract Views : 3898
Downloads Count: 2892

Published

2023-10-01

How to Cite

Addawiyah, R., & Kasriman, K. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1516–1524. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.