Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV dan V SDN Susukan 09 Pagi dan kendala- kendala yang dialami dalam proses pembentukan karakter disiplin. Jenis penelitian yakni penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan Miles and Huberman dan analisis data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas IV dan V serta siswa kelas IV dan V yang ada di SDN Susukan 09 Pagi. Berdasarkan hasil penelitian yakni upaya sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui kegiatan pembiasaan, pemberian contoh, sanksi dan apresiasi. Dari keempat upaya tersebut, sikap disiplin siswa kelas IV dan Kelas V sudah terlihat jelas, baik dalam kedisiplinan waktu, pengumpulan tugas maupun berpakaian yang sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan sehingga dapat disimpulkan bahwa peran sekolah mampu membentuk karakter disiplin siswa SDN Susukan 09 Pagi dan sudah terrealisasikan dengan efektif melalui tindakan siswa yang mencerminkan karakter disiplin.
Keywords:
karakter, disiplin, sekolahDownloads
References
Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1–6.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 203–213. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. 29(2), 369–387. Retrieved from https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/602/402
Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.
Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Edisi Revi.
Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.
Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Rresponsibility. New York: Bantam Book.
Maisyaroh, F., Malaikosa, Y. M. L., & Wana, P. R. (2022). Implementasi Budaya Disiplin Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Ma’Hadul Muta’Allimin Katerban. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 380–389. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.28610
Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113
Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170-187.
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520
Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 123–139. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21848
Rohman, A. (2012). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 155–178. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.462
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 4(8), 1113–1119. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Sumantri, H., & Munthe, F. (2023). Pentingnya Mendisiplinkan Anak Dan Implikasinya Bagi Pembentukan Karakter Anak. Jutipa: Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(1), 13–17.
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526
Susanto, A. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 18–34.
Yani, S., Kusen, K., & Khair, U. (2020). Kebijakan sekolah dalam penerapan karakter disiplin siswa di SDN 77 Rejang Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 99-115.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rabbyattul Addawiyah, Kasriman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work