Manajemen Tenaga Pendidik Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4153Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang Manajemen Tenaga Pendidik Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Plus Al-Masdukiah, dengan menggunakan metodelogi penelitian Kualitatif jenis studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah manajemen tenaga pendidik yang dilakukan di MA Plus Al-Masdukiah untuk membantu siswa mendapat hasil belajar yang baik menggunakan EMASLIM yaitu suatu peranan yang disampaikan oleh E Mulyasa sebagai Fungsi dari kepala sekolah. Namun peranan tersebut digunakan di MA Plus Al-Masdukiah terhadap pendidik sebagai peranan utama terhadap keberhasilan siswa dalam belajar, beberapa siswa yang butuh perhatian khusus untuk memperoleh hasil belajar yang baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan harus dicarikan solusi oleh pendidik mulai dari metode belajarnya, strategi dan peranan yang harus dilakukan pendidik yang sangat membentu terhadap belajarnya secara optimal agar mendapakant hasil belajar yang baik. dengan mengadopsi emaslim sebagai fungsi kepala sekolah digunakan terhadap pendidik yaitu Pendidik sebagai Educator, Pendidik sebagai Manager, Pendidik sebagai Administrator, Pendidik sebagai Leader, Pendidik sebagai Supervisor, Pendidik sebagai Innovator dan Pendidik sebagai Motivator.
Keywords:
manajemen, tenaga pendidik, hasil belajar siswaDownloads
References
Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas Dan Fungsi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1–12.
Aswir, & Misbah, H. (2018). Analisis Prestasi Mesin Motor Bakar Diesel Type Pauss Model 175A Untuk Bahan Bakar Solar Dan Bio Solar. Photosynthetica, 2(1), 1–13.
Bayu, B. S. (2020). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di paud it alhamdulillah yogyakarta. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–50. https://doi.org/10.30863/attadib.v1i1.740
Hapsari, A. P., Setiawan, F., & Atmojo, S. T. (2021). Analisis Implementasi Manajemen Tenaga Pendidik Di SMK Trisula 1 Depok. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 2(4), 157–164. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i4.8705
Harahap, A. (2019). Manajemen Tenaga Pendidik di MTs. S Darul Falah Langgapayung Kabupaten Labuhanbatu Selatan. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(1), 29-36.
Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151–167.
John W. Creswell. (2017). Research Desigh Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. pustaka pelajar.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Marpaung, N. N. (2021). Pengaruh Manajemen Tenaga Pendidik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Harapan Indonesia Kota Bekasi. Parameter, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.37751/parameter.v6i1.158
Masruroh. (n.d.). Pengaruh kecerdasan emosional Dan Perilaku ADIKTIF bermain game online terhadap prestasi Belajar PAI peserta didik madrasah ibtidaiyah al-islamiyah karanganyar paiton probolinggo tahun pelajaran 2020-2021. universitas nurul jadid.
Maswar, M. (2019). Strategi pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43.
Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Sahabuddin, S., Yaumi, M., & Hafid, E. (2022). Pengaruh Manajemen Tenaga Pendidik Dan Pengelolaan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.25882
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta. Rajawali Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Mushfi El Iq Bali, Mohammad Hairul Umam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work