Role Model Siswa Dalam Penentuan Karir Remaja

Authors

  • Rifki Abdul Ghani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ipah Saripah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadia Aulia Nadhirah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4118

Abstract

Remaja yang masih belum memiliki keputusan karirnya akan menghambat pada perencanaan karir yang menjadikan siswa remaja kebingungan dalam memilih arah karir setelah lulus sekolah. Siswa seringkali sulit untuk memutuskan apakah akan melanjutkan studi atau tidak. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan faktor pendorong agar siswa mampu menentukan karirnya. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan bekal yang harus dimiliki setiap individu, seperti penguasaan kemampuan dan aspek yang menunjang kesuksesan karir. Dalam menentukan pilihan karir tak jarang faktor eksternal menjadi pertimbangan seseorang dalam merencanakan karir mereka. Salah satu contoh dari faktor eksternal yang ikut berperan dalam perencanaan karir remaja adalah role model. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran role model siswa yang dapat membantu dalam penentuan karir remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dari jurnal maupun prosiding yang membahas mengenai role model dan penentuan karir remaja. Hasil penelitian membuktikan bahwa role model berperan dalam penentuan karir siswa, melalui role model siswa dapat langsung meneladani seorang role model dan siswa dapat mengikuti jejak yang sama dengan role model yang diteladani.

Keywords:

Role Model, Karir, Perencanaan Karir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).

Bandura A. (1971) “Social Learning Theory”. General Learning Corporation.

Bandura, A. (1977). Self-efcacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215

Bin, Francesca (2016). Digital Learning within an Organization. Università Ca' Foscari Venezia.

Bosma, N., Hessels, J., Schutjens, V., Van Praag, M., & Verheul, I. (2012). Entrepreneurship and role models. Journal of Economic Psychology, 33(2), 410–424.

Brown, W. (2006). The value ofrole models in inspiring resilience. Reclaiming Children and Youth, 14, 199-202.

Cheryan, S., Drury, B. J., & Vichayapai, M. (2013). Enduring infuence of stereotypical computer science role models on women’s academic aspirations. Psychology of Women Quarterly, 37(1), 72–79.

Cotton, R. D., Shen, Y., & Livne-Tarandach, R. (2011). On becoming extraordinary: Te content and structure of the developmental networks of Major League Baseball Hall of Famers. Academy of Management Journal, 54(1), 15–46.

Gibson, D. E. 2003. Developing the Professional Self Concept: Role Model Construals in Early, Middle, and Late Career Stages. Organization Science, 14(5), 591-610.

Gibson, D. (2004). Role Models in Career Development: New Directions for Theory and Research. Journal of Vocational Behavior. 65:134-156.

Gibson. R.L., Mitchell, M.H. (2011). Introduction to Counseling and Guidance. Prentice-Hall Of India Pvt. Limited.

Greenhaus, J. H., & Callanan, G. A. (2006). Encyclopedia of career development. Sage Publications. Hal 701-703.

Ibarra, H. 1999. Provisional Selves: Experimenting with Image and Identity in Professional Adaptation. Administrative Science Quarterly, 44(4), 764-791.

Maulidira, F., Syakurah, R. A., Fadilah, M., & Aulia, H. (2015). Pengaruh role model terhadap pilihan karir pada mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 4(2), 75-82.

Merton, R. K. (1957). Social theory and social structure. New York, NY: Free Press.

Morgenroth, T., Ryan, M. K., & Peters, K. (2015). The motivational theory of role modeling: How role models infuence role aspirants goals. Review of General Psychology, 19(4), 465–483.

Permadi, N. E. (2016). Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan karir. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Pleiss, M., & Feldhusen, J. (1995). Mentors, role models and heroes in the lives of gifted children. Educational Psychologist, 30, 159-169.

Puspitaningrum, T. D. (2018). Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Sma. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Rahayu, P. P. (2022). Perencanaan Karir Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Kelas Xii Sma Negeri 5 Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling dalam Bimbingan Kelompok untuk Perencanaan Karier Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(2), 61-71.

Rifayanti, R., Saputri, A., Arake, A. K., & Astuti, W. (2018). Peran role model dalam membentuk perilaku pro-lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2), 12-23.

Vidyasagar, S., & Hatti, P. (2018). Leadership and Role Modelling: Understanding Workplace Dynamics. Palgrave Macmillan.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zunker, V. G. (2006). Career Counseling : a holistic approach. Brooks Cole; 7th edition.

Downloads

Abstract Views : 1447
Downloads Count: 2656

Published

2023-02-24

How to Cite

Ghani, R. A., Saripah, I., & Nadhirah, N. A. (2023). Role Model Siswa Dalam Penentuan Karir Remaja. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 123–130. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4118

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.