PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Irpan Maulana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.343

Abstract

Pengembangan kecerdasan spiritual di dunia pendidikan merupakan penanaman karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan semakin maraknya pergaulan bebas yang merupakan suatu kemerosotan moral bagi remaja kita. Madrasah Aliyah (MA) Manbaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka merupakan lembaga pedidikan yang mengedepankan spiritualitas melalui proses hablu minAllah dan hablu minannaas. Untuk itulah penelitian ini dilakukan, yaitu bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kcerdasan spiritual melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliya (MA) Mabaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan model penelitian studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) kecerdasan spiritual ditempuh melalui Hablu MinAllah dan Hablu Minannaas. (b) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam yang pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. (c) pengembangan kecerdasan spiritual melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik yang dilakukan dengan mengunakan pendekatan guru sebagai tauladan, strateginya melalui nilai-nilai pedidikan agama Islam dan aktivitas keagamaan, metode yang digunakan adalah pemibasaan pada peserta didik, sehingga ada dampak dan manfaatnya bagi peserta didik. Setelah spiritual dikembangkan melalui kegiatan  sholat,  dzikir, puasa, zakat, shodaqoh, infaq, silaturrahmi, membaca dan mengkaji Al- Quran.

Keywords:

kecerdasan spiritual, pendidikan agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, Ary Ginanjar. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ, Jakarta : Arga.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Jamak pada Anak Usia Dini. Jurnal STAIN Jurai Metro Lampung, 4(1).
Komara, Endang. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan. 4 (1).
Kurniawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. (2007). Qualitative Data Analysis (terjemah). Jakarta : UI Press.
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rahawai, Ulfa. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri. Jurnal Penelitian, 10(1)..
Shihab, M. Quraish. (1993). Membumikan Al-Qur'an. Bandung: Mizan Cet IV.
Tasmara, Toto. (2001). Kecerdasan Ruhaniah. Gema Insani Prss: Jakarta.
Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2007). SQ Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan Pustaka

Downloads

Abstract Views : 1397
Downloads Count: 858

Published

2020-07-17

How to Cite

Maulana, I. (2020). PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 200–204. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.343

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.