MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.291Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VI A melalui Pembelajaran Matematika Realistik di SDN Cigintung Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDN Cigintung, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 siswa. Peningkatan sikap siswa tersebut sejalan dengan peningkatan hasil tes yang diperoleh. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan 26,67% yaitu dari siklus I sebesar 53,33% (12 siswa) menjadi 80% (20 siswa) pada siklus II. Pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai ≥ 75% sehingga siklus ini dihentikan. Berdasarkan hasil observasi sikap siswa siklus I, dilihat dari beberapa aspek sikap siswa yang terdiri dari: 1) siswa telah berusaha mengerjakan permasalahan matematika dengan cara sendiri; 2) siswa berusaha menyelesaikan permasalahan matematika sesuai langkah-langkah yang telah dipelajari; 3) siswa berusaha untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti dalam pembelajaran matematika dan 4) siswa berusaha mengaitkan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari diperoleh hasil rata-rata sikap siswa pada mata pelajaran matematika mencapai 58,33% (dari 25 siswa) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 77,5% (dari 25 siswa). Berdasarkan hasil tersebut maka sikap siswa telah dikatakan meningkat dan mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% dari 25 siswa telah menunjukkan sikap berusaha untuk berpikir berdasakan lembar observasi yang telah dibuat.
Keywords:
hasil belajar, matematika, pembelajaran matematika realistikDownloads
References
Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Atika, N., & Mz, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103–110.
Azmi, M. P. (2017). Asosiasi Antara Kemampuan Analogi Dengan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 91–100.
Bidari, I. (2016). Pengaruh Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematika Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dolk, M., & Eerde, D. Van. (2013). Developing a Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies, 6(8), 58–70. https://doi.org/10.5539/ies.v6n8p58
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). The Students’mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With Vba-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123–132.
Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. Creative Education, 6(December), 2438–2445. https://doi.org/10.4236/ce.2015.622251.
Indriani, L. F. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP dalam Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999
KTSP. (2007).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BP Cipta Jaya
Kusumah & Dwitagama. (2010). Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Masni, E. D. (2017). Asosiasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1).
Miliyawati, B. (2017). Reformulasi Strategi Habits Of Mind Matematis Terhadap Kemampuan Mathematical Critical Thingking Dalam Mewujudkan Generasi Emas Berkarakter. JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika ), 1(1), 24–42.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037
Prihandoko. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Rahman, R., & Maarif, S. (2014). Pengaruh penggunaan metode discovery terhadap kemampuan analogi matematis siswa SMK Al-Ikhsan Pamacarian Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matrmatika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-58
Rudiono, T., Dafik, & Wahyuningrum, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Rme Berorientasi Terciptanya Berfikir Tingkat Tinggi Materi Perbandingan Kelas VII. Pancaran, 4(1), 45–54.
Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas: Jakarta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Susanti, G., & Rustam, A. (2018). The Effectiveness Of Learning Models Realistic Mathematics Education And Problem Based Learning Toward Mathematical Reasoning Skills At Students Of Junior High School. Journal of Mathematics Education, 3(1), 33–39.
Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas
Wijaya. (2012). Pembelajaran Matematika Realisik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zhok, A. (2016). Habit and Mind. On The Teleology of Mental Habits. Phenomenology and Mind, 0(6), 90–99.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work