PENERAPAN METODE KOMBINASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI SENAM LANTAI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.282Abstract
Senam Lantai merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmanai Olahraga dan Rekreasi yang diberlakukan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi yang dilakukan diperoleh temuan bahwa pembelajaran senam lantai belum berjalan dengan maksimal sehingga berdampak pada beberapa siswa kurang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkann. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran senam lantai melalui metode kombinasi pada siswa kelas IXB di SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sedangkan rencana yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kombinasi. Dengan demikian dapat disimpulkan metode pembelajaran kombinasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran senam lantai.
Keywords:
metode kombinasi, pendidikan jasmani, senam lantaiDownloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Indonesia, M. P. dan K. R. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. , Kemendikbud § (2014).
Irwanto, E. (2016). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 102–118.
Magill, R. A. (1998). Motor learning: Concepts and applications. In Dubuque.
Mahendra, A. (2001). Pembelajaran Senam Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.
Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di SMK Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1613–1620. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Oksyalia, D., Suntoda, A., Mahendra, A., & Hidayat, A. (2018). Upaya Meningkatkan Gerakan Meroda Menggunakan Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam Lantai. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.13777
Utomo, G. (2017). Penerapan Permainan Kecil Dalam Pemanasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Pada Permainan Bola Tangan Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi 1 Di Smk Prapanca 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 430–433.
Supandi. (2001). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work