Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran infografis berbasis android, serta mengetahui kelayakan media pembelajaran infografis berbasis android materi keragaman budaya pada Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”, Subtema 1 “Keberagaman Budaya Bangsaku” pembelajaran 1 dan 5. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Jati 06 Pagi sebanyak 32 orang. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Pada akhir penelitian ini menghasilkan prosuk berupa media pembelajaran infografis berbasis android untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Hasil uji coba pengembangan media infografis berbasis android kepada tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 91,56% atau media masuk kedalam kategori baik sekali, sedangkan hasil uji kelayakan media oleh guru kelas IV sebesar 94% dengan media masuk kategori baik sekali, dan hasil rata-rata uji respon peserta didik sebesar 94,59% atau media masuk kedalam kategori baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa kelayakan media sangat baik dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.
Keywords:
Media Pembelajaran, Infografis, Android, Pembelajaran IPSDownloads
References
Dewi, A. C., Adi, E. P., & Abidin, Z. (2021). Pengembangan Infografis Melalui Instagram Sebagai Penguatan Pemahaman Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2).
Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2016). Getting graphic about infographics: design lessons learned from popular infographics. Journal of Visual Literacy, 35(1), 42–59.
Fadila Hersita, A., Kusdiana, A., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198.
Firdaus, A. F., Maryuni, Y., & Nurhasanah, A. (2021). Pengembangan Infografis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah ( Materi Sejarah Revolusi Indonesia ). Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 7(1), 23–33.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035.
Kalimbetova, E. K., & Ilesbay, A. B. (2020). Infographics as a means for teaching younger school children. The Journal of Psychology and Sociology, 72(1), 129–135.
Khomaria, I., Kartono, & Lestari, L. (2017). Penggunaan Media Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(4).
Kids, B. for. (2019). Framework for 21st century learning. P21 Partnership for 21st Century Learning, 2. http://static.battelleforkids.org/documents/p21/P21_framework_0816_2pgs.pdf%0Ahttp://www.p21.org/our-work/p21-framework
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: : Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.
Lankow, J., Ritchie, J., & Crooks, R. (2012). Infographics : The Power Visual Storytelling. Column Five Media.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48.
Masluhah, Afifah, K. R., & Hafid, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 11–20.
Riduwan. (2018). Dasar Dasar Statistika. Alfabeta.
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218.
Sari, E. P., Anwar, C., & Irwandani. (2018). Pengembangan Media Berbentuk Infografis Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Sma Kelas X. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 71–78.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Prenadamedia Group.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nila Rahma Afriani, Arifin Maksum, Siti Rohmi Yuliati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work