Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 2 Klari pada Materi Statistika Menurut Teori Brunner
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1974Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa mengenai materi statiska menurut teori bruner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XII IPA 3 di SMA Negeri 2 Klari dengan jumlah 22 siswa dengan tahap awal pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal uraian materi stastistika dan instrumen non tes berupa angket. Selanjutnya tahap kedua yaitu pengambilan 3 subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dimana masing-masing subjek mewakili kategori kemampuan komunikasi tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil tes dan non tes. 3 subjek diambil untuk dikaji lebih dalam terkait kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal menurut proses kognitif bruner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model interaktif yang diterangkan oleh Miles dan Huberman yaitu peneliti melakukan reduksi data, menyajikan data, kemudian membuat kesimpulan mengacu pada jawaban rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi siswa menurut teori bruner masih rendah menuju sedang, pada tahap informasi siswa rata-rata mampu menuliskan informasi yang didapat dari soal artinya siswa mampu mengkomunikasikan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal walaupun sebagian siswa melewatkan tahap ini. Pada tahap transformasi, kebanyakan siswa tidak bisa mengkomunikasikan atau menjelaskan secara tulisan strategi penyelesaian soal walaupun informasi yang didapat sudah benar. Pada tahap akhir evaluasi dikarenakan kesalahan strategi penyelesaian maka hasil evaluasinya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Keywords:
kemampuan komunikasi matematis, statistika, teori brunnerDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work