Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682Abstract
Sikap disiplin bagi siswa kelas 1 SD perlu terus dibentuk dan dikembangkan. Selama pembelajaran daring berlangsung, ditemukan masih ada siswa yang terlambat masuk kelas daring, berbicara saat guru menjelaskan, tidak mengumpulkan tugas, dan tidak mengikuti prosedur kelas daring. Pada akhirnya, pembelajaran menjadi kurang kondusif. Salah satu cara untuk membentuk kedisiplinan siswa adalah dengan menerapkan peraturan dan prosedur kelas. Tujuan penelitian yang diangkat adalah memaparkan penerapan peraturan dan prosedur kelas dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi guru, umpan balik rekan sejawat, serta refleksi guru. Hasil yang di temukan menunjukkan bahwa penerapan peraturan dan prosedur kelas dapat membentuk sikap disiplin siswa kelas 1 SD. Penerapan peraturan dan prosedur kelas ini memberikan arahan yang membantu siswa memahami tindakan yang seharusnya dilakukan selama pembelajaran sehingga siswa dapat mengikuti peraturan dan prosedur kelas yang ditetapkan. Penelitian ini masih dapat terus dilakukan dengan waktu yang lebih panjang dan penyesuaian peraturan dan prosedur terhadap kondisi kelas dan perkembangan siswa sekolah dasar.
Keywords:
disiplin, peraturan kelas, prosedur kelas, siswa sekolah dasarDownloads
References
Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 1-6. DOI:10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Bahman, S., & Maffini, H. (2008). Developing children's emotional intelligence. London: Continuum International Publishing Group.
Denti, L. G. (2012). Proactive classroom management: A practical guide to empower students and teachers. United States of America: CORWINS A SAGE Company.
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Efendi, R., & Gustriani, D. (2019). Manajemen kelas di sekolah dasar. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Garmo, J. (2013). Pengembangan karakter untuk anak: Panduan pendidik. Jakarta: Kesaint Blanc.
Graham, D. L. (2009). Teaching Redemptively: Bringing Grace and Truth into Your Classroom. Colorado Springs, CO : Purposeful Design Publications.
Gultom, L., & Siahaan, M. F. (2016). Penerapan reward dan konsekuensi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas II SD sekolah Kristen ABC. Jurnal Polyglot, 12 (2), 101-116. DOI: http://dx.doi.org/10.19166/pji.v12i2.368
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Educaion, 4(2), 86-97. DOI:10.30998/rdje.v4i2.3380
Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Lumbantoruan, L., Widiastuti, & Tangkin, W. P. (2021). Penerapan Rules and Procedures Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Educatio, 7(2), 546-553. DOI: 10.31949/educatio.v7i2.1084
Mulyadi, S. (2004). Seri cerdas emosi: Membantu anak balita mengelola amarahnya. Jakarta: Erlangga for Kids.
Novitasari, A. (2019). Pemberian reward and punishment dalam membentuk karakter disiplin anak pada sekolah madrasah ibtidaiyah. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 3(1), 27-33. DOI:10.21070/halaqa.v3i1.2113
Prima, E. (2016). Metode reward dan punishment dalam mendisiplinkan siswa kelas IV di Sekolah Lentera Harapan Gunung Sitoli Nias. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Putra, 1(2), 185-198.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233-241. DOI:10.17509/jpm.v2i2.8113
Siregar, A. H. (2017). Membela guru pada masa tiga mendikbud: Dari Mohammad Nuh, Anies Baswedan hingga Muhadjir Effendy. Yogyakarta: Deepublish.
Slameto. (2020). Strategi implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dengan profesional. Pasuruan: CV Qiara Media.
Sutrisno, H. (2009). Kasus perilaku pelanggaran disiplin siswa di sekolah ditinjau dari kerangka teori sosiologi fungsionalisme. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4(2), 60-66.
Van Brummelen, H. (2009). Berjalan dengan Tuhan di dalam kelas. Tangerang: UPH Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work