LKPD Berbasis Majalah Elektronik dengan Model Pembelajaran Blended Learning pada Materi Sistem Reproduksi

Authors

  • Destiny Turama UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1654

Keywords:

LKPD Majalah Elektronik, Blended Learning, Sistem Reproduksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan yaitu LKPD berbasis majalah elektronik dengan model pembelajaran blended learning pada materi sistem reproduksi, dan mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Proses penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dan tahapan pengembangan 3-D (Define, Design, Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan validasi oleh guru biologi, serta angket respon yang ditujukan kepada peserta didik mengenai LKPD yang dikembagkan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Basa Ampek Balai pada peserta didik kelas XII sebanyak 20 orang. Dari penelitian tersebut, diperoleh skor validasi media 84% yang berarti media sangat valid dan layak diuji cobakan. Sedangkan berdasarkan hasil uji respon peserta didik diperoleh skor 91% yang menandakan respon peserta didik sangat baik terhadap LKPD berbasis majalah elektronik yang dikembangkan baik mengenai ketertarikan, pemahaman isi dan bahasa yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, Fauziyah dkk. (2019). The Effect Blended Learning on Student’s Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction. Vol 12 (1). Hlm 521-535.
Hidayat, Bella Azzahra. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sub Materi Sel Volta berbasis Android. Skripsi. Bandung: Universias Pendidikan Indonesia.
Maryanti, Sri dan Dede T. K. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Bahan Ajar Digital untuk Mahapeserta didik Calon Guru Biologi. Bandung: LP2M UIN.
Muhammad, Nurul Nisa, Danial, Muhammad, Rachmawaty. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Majalah Elektronik Fungi untuk SMA Kelas X Development Of Teaching Materials Fungi Electronic Magazine For Senior High School Grade X. Jurnal Universitas Negeri Makassar, Vol 1(1) hlm 1-13.
Nuraida, Nining dan Alfi Astuti. (2019). Pengembangan Majalah sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Reproduksi untuk Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Journal of Education in Mathemathics, Science, and Tachnology. Vol 2 (1). Hal. 22-29.
Palennari, M., Fitri., & Wiharto, M. (2016). The Contribution of Reading Interest and Learning Habit Toward Student’s Learning Outcomes in Integrated Natural Science of Secondary Schools. Journal of ICMSTEA 2016: International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and their Applications, Vol. 10 (1).
Riyanto, Nokman. (2016). Pemanfaatan Model Blended learning untuk Meningkatkan Motivasi dan HASIL Belajar IPA Materi Tekanan Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojongsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Profesional Keguruan. Vol 2 (2). 89-99.
Rosita, Yuni Sri Rahayu dan Wisanti. (2015). Kelayakan Teoritis Perangkat Blended learning Management pada Materi Struktur Jaringan Tumbuhan. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 4 (3). Hal 923 – 927.
Septiyani, Ira, Megahati dan Meliya Wati. (2016). Pengmbengan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) dengan Tampilan Majalah pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Peserta didik SMA. STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol 1(1). Hal. 1 – 4.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukenda, dkk. (2019). Learning Media for Biology Subject Based on Multimedia in Junior High School Level. Universal Journal of Educational Research. Vol 7 (4). Hal. 43-51.
Widiara, I Ketut. (2018). Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita. Vol 2. Hal. 50-57.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Turama, D. (2022). LKPD Berbasis Majalah Elektronik dengan Model Pembelajaran Blended Learning pada Materi Sistem Reproduksi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 98–103. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1654