Implementasi Kompetensi Sosial Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1602Abstract
Fenomena di era pandemic ini proses pemelajaran dilakukan melalui daring. Kenyataannya tidak semua peserta didik tidak memiliki media untuk mengakses pembelajaran secara daring. Hal ini tentu berdampak terhadapa motivasi dan proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimanakah Implementasi kompetensi Sosial guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Telukjambe Kabupaten Karawang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dianalisa dalam analisis deskriptif kualitatif.. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa, maka dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Kompetensi sosial guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Telukajambe Kabupaten Karawang dikategorikan baik. Indikatornya adalah meningkatnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI meski pembelajaran di lakukan secara daring. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa ini adalah tingkat pendidikan guru, faktor sarana dan prasarana, dan terjalinnya komunikasi yang efektif.
Keywords:
kompetensi sosial guru, motivasi ekstrinsik siswaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work