Implementasi Kompetensi Sosial Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Teni Tisnia Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1602

Keywords:

kompetensi sosial guru, motivasi ekstrinsik siswa

Abstract

Fenomena di era pandemic ini proses pemelajaran dilakukan melalui daring. Kenyataannya tidak semua peserta didik tidak memiliki media untuk mengakses pembelajaran secara daring. Hal ini tentu berdampak terhadapa motivasi dan proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimanakah Implementasi kompetensi Sosial guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Telukjambe Kabupaten Karawang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dianalisa dalam analisis deskriptif kualitatif.. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa, maka dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Kompetensi sosial guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Telukajambe Kabupaten Karawang dikategorikan baik. Indikatornya adalah meningkatnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI meski pembelajaran di lakukan secara daring. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa ini adalah tingkat pendidikan guru, faktor sarana dan prasarana, dan terjalinnya komunikasi yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Tisnia, T. . (2022). Implementasi Kompetensi Sosial Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 65–69. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1602