Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1597Abstract
Berpikir kritis diduga berhubungan dengan pelajaran matematika, karena kemampuan berpikir kritis memberikan arahan yang lebih tepat kepada siswa dalam berpikir, bekerja, menyelesaikan masalah dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dan regresi sedehana. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Bekasi Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian berupa terdapat pengaruh kemampuan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis, hal ini dapat dilihat dari uji regresi sederhana antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Jadi penelitian ini telah terbukti bahwa kemandirian belajar mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kemampuan berpikir kritis yang diartikan semakin tinggi kemandirian belajar maka kemampuan berpikir kritis semakin baik. Sebaliknya jika kemandirian belajar rendah maka kemampuan berpikir kritis semakin menurun.
Keywords:
kemandirian belajar, kemampuan berpikir kritisDownloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Metode Peneltian.” Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2019. “Prosedur Penelitian.”
Bungsu, Titin Kurnia, Mulkah Vilardi, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas.” Journal on Education 1(2):382–89.
Hamzah, B. Uno. 2007. “Teori Motivasi & Pengukurannya.” Bumi Aksara, Jakarta.
Hidayat, Fauziah, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi SPLDV.” Journal on Education 1(2):515–23.
Lestari, Karunia Eka. 2014. “Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP.” Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA) 2(1).
Robbins, Stephen P. and Timothy A. Judge. 2008. “Perilaku Organisasi Edisi Ke-12.” Jakarta: Salemba Empat 11.
Sugandi, Asep Ikin. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA.” Infinity Journal 2(2):144–55.
Sugiyono, M. P. P. and P. Kuantitatif. 2009. “Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.” Cet. Vii.
Supardi, U. S. 2013. “Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi.” Smart. Jakarta.
Surya, Hendra. 2013. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Elex Media Komputindo.
Susilana, Rudi. 2014. “Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar.” Edutech 13(2):183–93.
Sutoyo, Sutoyo and Ika Priantari. 2019. “Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Bioma: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi 4(1):31–44.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work