Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa IPA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1500Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning pada masa pandemic Covid-19 terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar. Rendahnya minat belajar pada peserta didik disebabkan oleh beberapa sebab. Satu diantaranya yaitu seperti masih menggunakan model belajar yang konvensional pada proses pembelajaran IPA. Pada penelitian ini subyeknya yaitu siswa kelas IV MIT Fatahillah Cimanggis Depok, kelas IV A sebagai kelompok eksperimen berjumlah 27 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol berjumlah 29 peserta didik. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrument tes dan dokumentasi. Data divalidasi menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Kemudian setelah data dapat dinyatakan valid dan reliabel, dilanjutkan perhitungan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil dari perhitungan uji hipotesis memperoleh thitung sebesar 24,254 dan ttabel 2,004. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa moel pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh ppositif pada minat belajar IPA siswa sekolah dasar.
Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Minat Belajar, Ilmu Pengetahuan AlamDownloads
References
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif (N. Hidayah (ed.); ke-1). Ar-Ruzz Media.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1), 183–193. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597
Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar Abdul Kadir. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Lawe, Y. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(1), 26. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803
Louisa, G. N. (2020). Tanggapan Grace Natalie terhadap COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37.
Metaputri, N. K., Margunayasa, I. G., & Garminah, N. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran (ke-1). Aswaja Pressindo.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & ... (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (ke-4). Kharisma Putra Utama.
Slameto. (2015). Belajar & Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya (Ke-6). Rineka Cipta.
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo LOR 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Susanto, ahmad. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. In kencana (ke-3). Kharisma Putra Utama.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (F. Yustianti (ed.); ke-7). Kalola Printing.
Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work