Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Karakter Pada Kelas IV SDN 2 Borokulon
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1453Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa ensiklopedia berbasis karakter materi indahnya keragaman budaya negeriku kelas IV SD yang layak digunakan untuk peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Borokulon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes, meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian untuk produk ensiklopedia berbasis karakter yang diberikan kepada ahli instrumen, ahli materi, ahli media, dan respon siswa yang sebelumnya melalui validasi melalui dua aspek kelayakan suatu produk yaitu kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan meliputi validasi oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan kepraktisan meliputi respon siswa terhadap ensiklopedia berbasis karakter. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,12, sedangkan hasil uji validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 3. Dari kedua hasil penilaian tersebut dapat diperoleh skor rata-rata sebesar 3,06 dan termasuk dalam kriteria valid. Selain itu berdasarkan respon siswa terhadap ensiklopedia berbasis karakter, skor rata-rata dari responden adalah 3,28 juga tergolong dalam kriteria sangat praktis. Sehingga ensiklopedia berbasis karakter subtema indahnya keragaman budaya di negeriku yang telah dikembangkan layak digunakan untuk menunjang proses belajar anak dengan membangun karakter dalam diri peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.
Keywords:
basis, ensiklopedia, karakter, sekolah dasarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work