Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Melalui Pola Asuh Keluarga

Authors

  • Dewi Yuliana Universitas Muria Kudus
  • Murtono Univeristas Muria Kudus
  • Ika Oktavianti Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pola asuh keluarga dalam upaya membentuk karakter sopan santun yang diterapkan kepada anak usia sekolah dasar di Desa Sitirejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pencatatan. Pola asuh adalah segala bentuk ekspresi orang tua dalam memelihara, menjaga, membimbing, membina, dan mendidik anaknya sehingga dapat mempengaruhi jiwa sosial emosional anak sejak kecil hingga dewasa. Terdapat tiga jenis pola asuh, meliputi: pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Setiap jenis pola asuh memiliki dampak yang berbeda pada setiap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orang tua di Desa Sitirejo menggunakan bentuk pengasuhan demokratis, otoriter, dan permisif. Pola asuh demokratis membuat anak berperilaku sopan santun dengan baik, pola asuh otoriter membuat anak berperilaku sopan santun dengan sangat baik, sedangkan pola asuh permisif membuat anak berperilaku sopan santun dengan cukup rendah. Meskipun berbeda cara pengasuhan tetapi orang tua sama-sama membiasakan anaknya untuk berperilaku sopan santun, seperti berbahasa krama, tidak berkata kotor, menerima segala sesuatu dengan tangan kanan, menghormati yang lebih tua.

Keywords:

Pola Asuh Keluarga, Karakter Sopan Santun

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1466
Downloads Count: 1397

Published

2021-10-07

How to Cite

Dewi Yuliana, Murtono, M., & Oktavianti, I. . (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Melalui Pola Asuh Keluarga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1434–1439. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1416

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.