Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Munasiah Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1255

Keywords:

efektivitas, aplikasi Zoom, pembelajaran

Abstract

Pembelajaran melalui daring merupakan metode pembelajaran yang saat ini aktif dikembangkan
oleh setiap tenaga pengajar dan pendidik. Metode pembelajaran ini menjadi sebuah solusi bagi
terbatasnya kegiatan pembelajaran dimasa pandemi Covid 19 seperti saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan dalam rangka untuk memutus mata rantai covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survei. Penelitian ini diadakan di SDIT Rahmaniyah Depok, Jawa barat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 guru kelas ditentukan secara  purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kuisioner yang disebar secara online menggunakan google form. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai persentase hasil kuisioner dan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85,24% guru merasakan kebermanfaatan dari aplikasi Zoom, walaupun di sisi lain masih ada faktor kendala dalam proses pembalajaran jarak jauh ini, seperti kualitas internet yang kurang stabil. Jadi pada masa pandemi covid-19 pemanfaatan aplikasi Zoom cukup efektif terlihat dari hasil presentase kuisioner yang menunjukkan rata-rata di atas 80%, efektif di sini yaitu efektif dalam waktu, tempat, dan efektif untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 karena dengan media aplikasi Zoom pendidik dan peserta didik bertatap muka tidak secara lansung melainkan mellaui perantara layar monitor dan dukungan fasilitas internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Marbun, P. (2021). DISAIN PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA DAN PASCA COVID-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Putra, N. P. (2020). SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN WHATSAPP GROUP DI ERA NEW NORMAL PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BINA INSANI. JIPSINDO, 7(2), 162–176. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939

Putria, H., Maulana, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 861–872.

Rosyid, N. M., Thohari, I., & Lismanda, Y. F. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Kuliah Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 47–52.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi Dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Retrieved from http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf

Downloads

Published

2021-08-20

How to Cite

Munasiah, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1163–1169. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1255