Efektivitas Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Edi Sulistiyono STKIP Modern Ngawi
  • Widya Trio Pangestu Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi
  • Prima Rias Wana Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1207

Abstract

Pemerintah telah menetapkan pembelajaran daring (dalam jaringan)  sejak Indonesia pandemic Covid-19. Pembelajaran STEM diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan pembelajaran yang dilakukan secara daring dari rumah di masa pandemi covid-19 yang sekarang kita alami bersama. Objek pengamatan bisa dicari atau menggunakan benda atau lingkungan sekitar rumah demi mematuhi ajuran pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Dengan demikian pembelajaran STEM selain membantu peserta didik memecahkan masalah juga membuat kesan pembelajaran yang menyenangkan dan menumbuhkan minat dan motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 pada pelajaran IPA kelas V SDN Umbulrejo tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental research). Penelitian terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran STEM dengan sesudah dikenai tindakan. Berdasarkan nilai dari rata-rata masing-masing tindakan pembelajaran didapat kesimpulan penelitian kelas sesudah dikenai tindakan pembelajaran STEM dengan nilai rata-rata 76,42  lebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran STEM dengan nilai 39,28. Hal tersebut berarti pembelajaran STEM lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 pada pelajaran IPA kelas V SDN Umbulrejo tahun ajaran 2020/2021 daripada kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran STEM.

Keywords:

pembelajaran STEM, pandemi covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, J., Permanasari, A & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta didik Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 2016, 202 – 212.

Agustina, A., Kaniawati, I. & Suwarma, I.R. 2017. Penerapan Pembelajaran Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control Of Variable Siswa Smp Pada Hukum Pascal. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017. Volume VI, Oktober 2017

Asmuni. 2016. Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner dalam Menyongsong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrikelectro/1507-asv9), Diakses tanggal 12 Februari 2021 pukul 19.15 WIB

Aslizar. 2017. Hafal Mahir Materi IPA SD/MI Kelas 4,5,6. Jakarta:PT Grasindo

Atmojo, I. R. W. 2013. Pendidikan IPA & Gizi untuk Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Press.

Baharuddin Dan Wahyuni Nur E. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian Edisi ke-2. Surakarta: UNS Press.

Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Erlinawati, C.E., Bektiarso, S., Maryani, M. 2017. Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Pada Pembelajaran Fisika. Vol 2 No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

Juliani, W. I dan Widodo, H. 2019. Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Smp Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam Volume 10, Nomor 2, November 2019

Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD. Vol.5 No.2 Oktober 2018

Mustofa, M.I., Chodzirin, M. & Sayekti. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 (2019): 151-160

NRC. 2014. STEM Integration in K-12 Education : Status, Prospects and Agend for Research. The National Academics of Science. Washington, DC.

Nurhayati, S. 2014. Buku Cerdas IPA TERPADU SD Kelas 4, 5, Dan 6. Jakarta: Niaga Swadaya

Permanasari, A. (2016). Stem Education: Inovasi Dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (Snps) 2016. Hal. 23-34

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Radita, N. (2018). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Materi Teori Graph. Must: Journal Of Mathematics Education, Science And Technology. Vol. 3, No. 1, Juli 2018. Hal 33 – 45

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sariah. 2016. Panduan Pelaksanaan Sains, Teknologi, Kejuruteraan dan Matematik dalam Pengajaran dan Pembelajaran, Sabah: Putrajaya

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Supriyanto, Achmad Sani. dan Masyhuri Machfudz. 2010. Metodologi Riset: Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press.

Syukri, M dkk. 2013. Pendidikan STEM dalam “escit”. Development international conference Aceh.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Solo: Sendang Ilmu

Utami, I.S, Septiyanto, R.F., Wibowo3, F.C. & Suryana, A. (2017). Pengembangan Stem-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic And Animation) Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06 (1) (2017) 67-7

Downloads

Abstract Views : 1134
Downloads Count: 716

Published

2021-08-03

How to Cite

Sulistiyono, E., Pangestu, W. T. ., & Wana, P. R. . (2021). Efektivitas Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 791–795. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1207