Peningkatan Kemampuan Seni Menyanyi Menggunakan Alat Musik Sederhana Pada Anak Kelompok B Melalui Metode Demontrasi

Authors

  • Dwi Agsriyani TK Kartini III Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1054

Keywords:

Seni, Menyanyi, Keterampilan, Alat Musik Sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan seni menyanyi menggunakan alat musik sederhana melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK Katini III Surakarta. Subyek penelitian ini adalah di TK Kartini III Surakarta yang berjumlah 20 anak.Objek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kartini III yang mengambil pembelajaran keterampilan menyanyi  pada semester dua .Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang tediri dari dua siklus ,setiap siklus terdiri dari perencanaan ,pelaksanaan, obserrvasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan tes praktik menyayi dengan alat music dari  botol bekas secara langsung . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatanpresentase penuntasan anak kelompok B pada prasiklus sebesar 38 %( 8 anak ),pada siklus I sebesar 53  %(11 anak ) pada siklus kedua presentase ketuntasan anak meningkat menjadi 83%(16 anak ). Kesimpulan temuan penelitian ini bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran menggunakan alat musik sederhana dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menyanyi anak kelompok B di TK Kartini III Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati Luluk. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Standar Kompetensi Guru TK/RA. Program Pendidikan D2 PGTK.
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.
Depdiknas. (2005). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kesenian. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Gunarti Winda. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar. Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.
Lwin, May dkk. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT. INDEKS
Maseso Iksan. (2007). Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sousa, David A. (2012). Bagaimana Otak Belajar. Jakarta : PT. Indeks.
Widia Pakerti, dkk. (2015). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2021-05-21

How to Cite

Agsriyani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Seni Menyanyi Menggunakan Alat Musik Sederhana Pada Anak Kelompok B Melalui Metode Demontrasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 404–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1054

Issue

Section

Articles