PENGEMBANGAN APLIKASI KOPI D’LIMA UNTUK PEMBELAJARAN MERDEKA

Authors

  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3268

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi KOPI D’LIMA (Konten Pendidikan Inovatif berbasis digital, literasi dan numerasi) yang merupakan aplikasi berbasis android untuk pembelajaran diferensiasi pada kurikulum merdeka. Aplikasi ini dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran diferensiasi pada kurikulum merdeka yang diharapkan mampu menjembatani guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development)  dengan menggunakan pendekataan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru-guru Sekolah Dasar di kota dan kabupaten Sukabumi yang melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka di kelas sesuai dengan fasenya. Hasil penelitian ini baru sampai pada tahap Development (Pengembangan). Pada Pendekatan tahapan ADDIE yang pertama yaitu menghasilkan analisis kebuthan guru dan siswa akan adanya media pembelajaran berbasis aplikasi yang efektif dan efisien sehingga guru dan siswa dapat melaksanakan pembelajaran merdeka terutama di sekolah dasar. Tahap kedua merupakan tahap desain dengan membuat flowchart,stodyboard dan layout dari aplikasi yang akan dikembangkan. Tahap ketiga dalam penelitian ini adalah development yaitu pengembangan aplikasi menggunakan android studio berdasarkan desain yang telah dibuat dalam peencanaan. Saat ini, penelitian dilaksanakan baru pada tahap pengembangan, untuk tahapan selanjutnya segera dilaksanakan implementasi dan evaluasi untuk memastikan produk yang dibuat layak untuk digunakan.

Keywords:

APLIKASI, KONTEN PENDIDIKAN, MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN MERDEKA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hamidah Suryani Lukman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

 

 

References

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884

Aziz, M. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. UIN Sunan Kalijaga

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (Api) Pada Aplikasi Mobile Android. Jurnal Informatika, 2(2), 13–21.http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Kemdikbud. (2021). Merdeka Belajar Episode Ketujuh: Program Sekolah Penggerak. Paparan Launching Program Sekolah Penggerak, 1–18.

Kemendikbud Ristek, Kebudayaan, K. P. dan, & Permendikbud. (2022). Profil Pelajar Pancasila. JDIH Kemendikbud, 1–112. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SALINAN PERMENDIKBUD 22 TAHUN 2020.pdf

Khuzaini, N., & Sulistyo, T. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0.”

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20

McGriff, S. . (2000) Instructional Systems. New York: College of Education, Penn State University. Available at: http://www.cdc.qc.ca/ actes_aqpc/2005/ellis_joanne_608.pdf

Murtiwiyati, & Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 12(2)

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83

Revisi Ke-, E., Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., Teknologi, D., Indonesia, R., & Pengembangan, P. (2022). Merdeka Belajar. April.

Sastrawati, Eka, and Devi Novallyan. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri.” Jurnal IJER 2(2):72–76.

Satyaputra, A., & Aritonang, M. E. (2016). Let’s Build Your Android Apps With Android Studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Setiadi, A., Yuliatmojo, P., & Nurhidayat, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Pneumatik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (JVoTE), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.21009/jvote.v1i1.6886

Wagiran (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada Siswa Kelas VIII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765

Downloads

Abstract Views : 1141
Downloads Count: 975

Published

2022-10-31

How to Cite

Sutisnawati, A., Hamidah Suryani Lukman, & Elnawati. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI KOPI D’LIMA UNTUK PEMBELAJARAN MERDEKA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1582–1592. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3268

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.