PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sosramaiton Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3149

Abstract

Pada abad 21 ini salah satu usaha yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran sangat tergantung bagaimana proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Nearpod  yang valid, praktis dan evektif. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model penelitian ADDIE. Tahap analisis mengungkap isu-isu mendasar dalam pengembangan LKPD. Hasil penelitian menunjukan validasi oleh ahli media diperoeh nilai rata-rata sebesar 84%. Hasil validasi yang berada pada rentang 81% - 100% berada pada kategori sangat valid, untuk analisis praktikalitas peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 81% maka dapat dikatakan bahwa LKPD tematik berbasis pendekatan saintifik berbantuan aplikasi nearpod  kategori praktis, sedangkan analisis nilai rata-rata efektifitas untuk 5 pernyataan oleh 28 orang peserta didik di SD Sabbihisma 1 dan 15 orang peserta didik di SDIT Padang Islamic School memperoleh hasil 86% dengan kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini ialah LKPD tematik Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Nearpod  layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords:

nearpod, LKPD tematik, pendekatan saintifik, tematik terpadu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Faridhoh Sasmito, L., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613

Hamonangan, A. S., & Sudarma, I. K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11777

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Melindawati, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1).

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246. Google Scholar

Nasution, S. R. A., & Harahap, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning Yang Praktis di Kelas IV SD. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38-45.

Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 7(2), 153-160.

Rizki, H. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1(November), 21–28.

Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.2270

Zaidah, A., & Wijaya, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Global Education, IV, 20–26. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.73

Downloads

Abstract Views : 858
Downloads Count: 550

Published

2022-10-27

How to Cite

Sosramaiton, & Yeni Erita. (2022). PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1308–1317. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3149

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.