PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN MUSIKALITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Euis Aminah Qodarwati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Akhmad Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2657

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan musikalitas peserta didik dikarenakan guru yang hanya menggunakan model pembelajaran konvensional dan hanya terdapat 90% siswa dalam kategori kurang musikal dan 10% siswa dalam kategori tidak musikal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimental. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, rubrik penilaian dan observasi. Data yang diperoleh berupa data hasil tes dan rubrik penilaian sebagai data primer dan hasil observasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data  yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik.  Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik.

Keywords:

auditory intellectually repetition, model pembelajaran, musikalitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462

DA Santosa. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini Didik Ardi Santosa Progdi PG-PAUD Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET E-mail: Journal of Chemical Information and Modeling, 26(Vol 26 No 01 (2019): PAWIYATAN), 78–88. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/877

Gabela, E., & Sampurno, J. (2014). Analisis Fraktal Sinyal Berbagai Jenis Musik. Prisma Fisika, II(3), 67–73.

Gutama, A. (2020). Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/vt.v3n1.p23-32

Hidayat, R. (2014). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. EJournal Ilmu KOmunikasi, 2(1), 243–258. http://www.fisip-unmul.ac.id

Hidayat, S. (2011). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Daya Tahan Konsentrasi Mahasiswa dalam Belajar. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. http://eprints.undip.ac.id/33143/2/ARTIKEL_efektifitas_intervensi_terapi_musik_klasik_terhadap_stres_mahasiswa_skripsi.pdf

Irawana, T. J., & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47

Julia, J. (2017). Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

Mudjilah, H. S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak.

Noviyanti, V., Respati, R., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan Multimedia Tangga Nada Diatonis untuk Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 364–377.

Oktavianti, A., Tarigan, B., & Respati, R. (2021). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Anak di Sekolah Dasar. 8(4), 818–826.

Priyanto, S. U. (2013). Pendidikan Musik untu Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 42–52.

Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran. Proceding Biology Education Conference, 13(1), 515–518.

Putri, P. A., & Ismet, S. (2020). Efektivitas Permainan Perkusi Kastanyet Terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 463–468. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/484

Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (Air). Erudio Journal of Educational Innovation, 3(2), 67–83. https://doi.org/10.18551/erudio.3-2.6

Simbolon, M. M. (2016). Landasan Teoritis dan Kerangka Konseptual. Unknown, 11–34. http://digilib.unimed.ac.id/4694/8/8. MARIA SIMBOLON NIM 2113340029 BAB II.pdf

Sinaga, F. S. S. (2020). Sustainabilitas Pendidikan Musik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3, 9. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/693

Suardi, R. (2018). Musik Tari Rentak Buliandi Sanggar Kamboja Smpn 1 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau (Analisis Unsur Melodi). Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/vt.v1n1.p1-7

Sumaryanto, F. T. (2000). Kemampuan Musikal (Musical Ability) dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Musik. . . Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 1(1), 1–8.

Syahliani, M., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 213. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i3.859

Syukur. (2015). Peta Kompetensi Guru Seni (Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik). Universitas Pendidikan Indonesia.

Winditasari, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Waktu, Jarak, Dan Kecepatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(8), 151–158.

Yogyakarta, U. N. (2013). Pengembangan tes kemampuan musikal anak. 1–12.

Zulherman. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectuality, Repetition (AIR) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1267–1273.

Downloads

Abstract Views : 475
Downloads Count: 338

Published

2022-10-31

How to Cite

Euis Aminah Qodarwati, Resa Respati, & Akhmad Nugraha. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN MUSIKALITAS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1495–1507. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2657

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.