PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ERA NEW NORMAL PADA SISWA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2471Abstract
Saat ini, pandemi covid-19 yang disebabkan oleh covid-19 masih melibatkan masyarakat dan meluas. Dalam hal ini, sekolah telah menerapkan sistem pembelajaran online. Kegiatan pembelajaran online yang dilakukan oleh siswa tahun pertama MI Miftaful Astor Kabupaten Keddy merupakan kegiatan pembelajaran yang belum pernah dilakukan oleh siswa sekolah dasar yang masih sangat kurang pengetahuan dan keterampilannya terkait pembelajaran online. Tujuan riset ini yaitu untuk 1) mengenali tindakan serta sikap murid dalam pembelajaran di masa new normal, 2) mengenali tindakan serta sikap guru dalam pembelajaran di masa new normal, 3) tindakan serta sikap orang lanjut usia yang mendukung pembelajaran anak di era baru. Riset ini merupakan riset kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus analitik. Cara pengumpulan informasi dalam riset ini terdiri dari pengamatan, tanya jawab, serta dokumentasi. Analisa informasi dalam riset ini memakai reduksi informasi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Selain itu, triangulasi data dan keefektifan data memakai teknik triangulasi. Hasil survei ini adalah sebagai berikut: 1) Murid cenderung bosan dan sulit memperoleh materi saat belajar online. 2) Kecuali dijelaskan secara tatap muka, guru merasa kesulitan untuk menyampaikan materi yang mungkin sulit bagi siswa. 3) Orang tua kesulitan untuk mendampingi anaknya selama pelaksanaan pembelajaran online karena kurangnya kemampuan, waktu dan biaya.
Keywords:
new normal era covid-19, pembelajaran online, permasalahan pembelajaranDownloads
References
Abuhammad, S. (2020). Barriers to distance learning during the COVID-19 outbreak: A qualitative review from parents’ perspective. Heliyon, 6(11), e05482.
Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 198–209.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.
Chen, E., Kaczmarek, K., & Ohyama, H. (2020). Student perceptions of distance learning strategies during COVID‐19. Journal of Dental Education.
Dini, J. (2021). Problematika pembelajaran daring dan luring anak usia dini bagi guru dan orang tua di masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836.
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.
Ishak, S. (2022). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Kelas Iv A Di Sd Muhammadiyah 08 Dau Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Laksana, D. N. L. (2021). Implementation of online learning in the pandemic covid-19: Student perception in areas with minimum internet access. Journal of Education Technology, 4(4), 502–509.
Lawrence, K. C., & Fakuade, O. V. (2021). Parental Involvement, Learning Participation and Online Learning Commitment of Adolescent Learners during the COVID-19 Lockdown. Research in Learning Technology, 29.
Manurung, R. D. F. M. B., & Tafonao, T. (2021). Problem Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Terhadap Psikologi Anak Usia 10-12 Tahun. Matheteuo: Religious Studies, 1(1), 20–28.
Page, A., Charteris, J., Anderson, J., & Boyle, C. (2021). Fostering school connectedness online for students with diverse learning needs: Inclusive education in Australia during the COVID-19 pandemic. European Journal of Special Needs Education, 36(1), 142–156.
Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919.
Qazi, A., Qazi, J., Naseer, K., Zeeshan, M., Qazi, S., Abayomi-Alli, O., Ahmad, I. S., Darwich, M., Talpur, B. A., & Hardaker, G. (2021). Adaption of distance learning to continue the academic year amid COVID-19 lockdown. Children and Youth Services Review, 126, 106038.
Siahaan, C., Murniarti, E., & Simbolon, K. (2021). Readiness Level of Parents as Student Guide in Online Learning. Psychology and Education, 58(2), 5995–6007.
Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89–98.
Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What kind of learning media do you want? Need analysis on elementary school online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4305.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizki Amelia, Zakiya Sakina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).