PENERAPAN PEMBUATAN PRESENSI SEKOLAH MENGGUNAKAN GOOGLE FORM BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2119Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Google form untuk membuat presensi dan bertujuan lebih lanjut agar guru bisa menggunakan Google form untuk membuat dan memberikan latihan soal atau evaluasi kepada siswa. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan di beberapa daerah masih tertinggal mengenai penggunaan aplikasi, bahkan di sekolah yang sedang diteliti oleh peneliti saja masih ada beberapa guru yang belum mengenal dan belum bisa menggunakan aplikasi Google form. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, kemudian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden untuk penelitian ini adalah guru kelas SDN Kujang Nagreg. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan angket. Wawancara yang dilakukan kepada guru dan orang tua siswa. Terdiri dari 6 guru kelas. Pengisian angket diberikan kepada guru di sekolah tersebut untuk mengetahui apakah guru sekolah tersebut sudah bisa menggunakan Google form dengan baik. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini setelah melakukan pendampingan sebanyak 12 pertemuan, menunjukan bahwa penerapan Google form dalam pembuatan presensi di SDN Kujang Nagreg ditinjau dari beberapa persepsi, penerapan Google form sudah membantu guru dari yang awalnya tidak bisa membuat presensi di Google form menjadi bisa, beberapa guru pun sudah ada yang menerapkan Google form ini untuk membuat latihan soal dan evaluasi. Beberapa kendala yang ditemui adalah kesulitan sinyal dan gawai yang kurang mendukung dalam membuat Google form ini. Penerapan Google form dalam siswa sendiri pun masih perlu pendampingan dari orang tua, bahkan ada beberapa orang tua yang masih kebingungan untuk mengisi. Namun sudah teratasi karena sudah diarahkan.
Keywords:
Google Form, Guru Sekolah Dasar, presensiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).