PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL GURU TRIGUNTAR DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR MANDIRI MATEMATIKA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1916Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kelayakan media Audiovisual Guru Triguntar sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar, serta mendeskripsikan perkembangan motivasi belajar mandiri anak melalui pemanfaatan media Audiovisual Guru Triguntar. Prosedur pengembangan media mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel penelitian adalah individu yang dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan syarat memenuhi karekteristik yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data untuk menghimpun data kelayakan media Audiovisual Guru Triguntar menggunakan kuesioner angket rating scale, dianalisis dengan rumus persentase hasil. Sedangkan teknik pengumpulan data perkembangan motivasi belajar mandiri sampel penelitian menggunakan instrumen observasi, catatan temuan, dokumentasi dalam bentuk video, dan selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Media Audiovisual Guru Triguntar sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar dan relevan untuk anak kelas rendah maupun kelas tinggi, karena penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan; (2) Pemenuhan kebutuhan anak akan rasa aman, cinta dan rasa dihargai selama proses pengenalan dan penggunaan media Audiovisual Guru Triguntar dalam menyelesaikan masalah geometri, dapat menjadi pemicu tumbuhnya motivasi belajar mandiri.
Keywords:
matematika, media audiovisual guru triguntar, motivasi belajar mandiriDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).