ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA

Authors

  • Nasrullah Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mohamad Adam Hidayat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Raden Mas Hafizh Swardana Suryo Bintoro Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad As’ad Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jpl.v5i2.4415

Keywords:

pekerja, produktivitas, kebijakan

Abstract

Perkembangan dalam sektor industri di Indonesia yang mengalami kenaikan pesat, ditandai dengan banyaknya perusahaan yang dibangun. Dengan begitu, perusahaan dituntut untuk meningkatkan perlindungan kerja bagi para pekerja agar terhindar dari kecelakaan kerja. Perlindungan ini dapat dilakukan dengan adanya Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dimana program tersebut harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Dalam  ipembahasan  iini  ipenulis  imemberikan  iinformasi  itentang  iimplementasi  iprogram  ikeselamatan  idan  ikesehatan  ikerja  idalam  ihal  iproduktivitas  ikerja  iserta  ipenjelasan  i ikendala apa saja yang  idialami  iperusahaan  idalam  imenyediakan  iperlindungan  iK3  ibagi  itenaga  ikerjanya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian kepustakaan, dengan mempelajari dan menganalisa literatur atau jurnal yang membahas tema ini. Data yang digunakan merupakan data sekunder, kemudian dijelaskan melalui metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian dan pengamatan. Hasil penelitian bahwa perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas perlu serius untuk meningkatkan penerapan program dan melengkapi faktor-faktor pendukung untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan kendala yang dialami kurangntya kesadaran, pertolongan dan keterlibatan administrasi operasi terhadap  perjuangan pengendalian ancaman, kemampuan petugas keselamatan kerja  dibidang rekayasa operasi, rekayasa keselamatan kerja, administrasi  pengendalian  ancaman dirasakan sangat kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Nasrullah, Mohamad Adam Hidayat, Raden Mas Hafizh Swardana Suryo Bintoro, and Muhammad As’ad. 2023. “ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA”. Journal Presumption of Law 5 (2):124-45. https://doi.org/10.31949/jpl.v5i2.4415.