PEMENUHAN HAK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM MENJALANI PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II TENGGARONG

FULFILLMENT OF THE RIGHTS OF CHILDREN IN CONFLICT WITH THE LAW IN UNDERGOING EDUCATION AT THE CLASS II TENGGARONG SPECIAL GUIDANCE INSTITUTION FOR CHILDREN (LPKA)

Authors

  • Rahmawati Bakhri Rahma Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Ikhwanul Muslim Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Sunariyo Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jpl.v7i1.13067

Abstract

Pemenuhan hak pendidikan bagi anak yang berhadapan dengan hukum menjadi tanggung jawab Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) sebagai wujud perlindungan hak asasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan hak pendidikan anak di LPKA Kelas II Tenggarong berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-03.OT.02.02 Tahun 2014. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan metode deskriptif kualitatif, menggunakan data primer yang didapatkan di LPKA Kelas II Tenggarong dan data sekunder dari kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPKA Kelas II Tenggarong telah melaksanakan program pendidikan non-formal melalui program kejar paket A, B, dan C yang bekerja sama dengan PKBM Puspa Wijaya Kutai Kartanegara. Namun, pendidikan formal belum terlaksana secara maksimal karena minimnya kerja sama dengan institusi pendidikan, dengan hanya tersedia di tingkat SMA. Kesimpulan dari penelitian ini, meski telah mengikuti pedoman kepmenkumham 2014, masih diperlukan peningkatan sarana prasarana dan kerja sama dengan pihak eksternal untuk memaksimalkan layanan pendidikan. Temuan ini penting sebagai bahan evaluasi bagi LPKA dalam meningkatkan kualitas pemenuhan hak pendidikan anak binaan demi mendukung proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial mereka.

Keywords:

Educational rights, Children in conflict with the law, LPKA Class II Tenggarong

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

El-Muhtaj, Majda. Hak Asasi Manusia Dalam Konstitusi Indonesia. Kencana Prenada Media Group, 2005.

“Pedoman Perlakuan Anak Di LPKA,” 2014.

Sumitro, Ronny Hanitijo. Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994.

Supramono, Gatot. Hukum Acara Pengadilan Anak. Jakarta: Percetakan Intan Sejati Klaten, 2007.

Suprapto, Ali Subroto, Woro Sri Wulan, Wahono Widodo, and Supono. Pedoman Perlakuan Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, 2022.

Wiyono, R. Sistem Peradilan Pidana Anak Di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika, 2016.

Journal

Agustinus Tri Wahyudi, Mailinda Yuniza Eka. “PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN BAGI WARGA BINAAN ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II YOGYAKARTA.,” 2021, 2–3.

Ameylia Puspita Rosa Dyah Ayu Arintyas, Hakimul Ikhwan, Muhadjir Darwin. “PROTECTION INNOVATION ACTIONS AS AN EFFORT TO FULFILL THE SOCIAL RIGHTS OF CHILDREN IN CONFLICT WITH THE LAW: CASE STUDY IN DKI JAKARTA AND DI YOGYAKARTA” 6, no. 1 (2024): 9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4819137.

As, Tyastiti Chandrawati, and Pita Permatasari. “IMPLEMENTASI HAK PENDIDIKAN ANAK PADA LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KANTOR WILAYAH II JAKARTA.” Suara Hukum 5 (2023).

Edorita, Widia. “A Model of Implementation of the Rights to Education and Teaching of Child Prisoners during the COVID-19 Pandemic.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 659 (2022): 116–20. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220406.028.

Fitri Dwi Nurjannah, Levina Yustitianingtyas. “Pelaksanaan Hak Pendidikan Anak Di LPKA Ditinjau Dari Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.” Cakrawala Hukum 12, no. 1 (2021): 95–110. https://e-journal.unwiku.ac.id/hukum/index.php/CH/article/view/171.

Kiki, Darmawati Darma, Asriadi Zainuddin, Marwan Marwan, Arpin Arpin, Erni Dwita Silambi, and Mardhati Mardhati. “Assessing the New Model Fulfilling the Right to Education for Correctional Students.” Al-Adalah: Jurnal Hukum Dan Politik Islam 1, no. 1 (2023): 1–14. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v1i1.3284.

Loppies, Pricilia Uty Vianty, Elsa Rina Maya Toule, and Hadibah Zachra Wadjo. “Pemenuhan Hak Anak Pidana Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak.” PAMALI: Pattimura Magister Law Review 4, no. 1 (2024): 37. https://doi.org/10.47268/pamali.v4i1.1405.

Lubis, Muhammad Ridwan. “PEMIDANAAN TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM.” USM Law Review 4, no. 1 (2021): 226–41.

Maryam, and Akhmad Riadi. “PELAKSANAAN PEMBINAAN KEAGAMAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II SAMARINDA.” Jurnal Pendidikan, 2021, 55–74.

Phireri, Muh. Akbar Fhad Syahril, Muhammad Mufti M Djafar. “Peningkatan Peran Pemerintah Dalam Melindungi HAM Kaum Difabel.” Khairun Law Journal 7, no. 2 (2024): 110–20.

Sara Sirait, Goncalwes, and Simamora. “Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab IV Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah.” Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH) 1, no. 1 (2020): 82–88.

Simatupang, Rajarif Syah Akbar. “Pelaksanaan Sistem Peradilan Pidana Anak Di Indonesia Perspektif Nilai Keadilan.” Jurnal Yuridis 11, no. 1 (2024): 54–63. https://doi.org/10.35586/jyur.v11i1.8356.

Tofik Yanuar Chandra. “Penerapan Restorative Justice Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak Di Indonesia.” Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial Islam, no. 11 (2023): 179–90. https://doi.org/10.30868/am.v11i01.3827.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-04-26

How to Cite

Rahma, Rahmawati Bakhri, Ikhwanul Muslim, and Sunariyo. 2025. “PEMENUHAN HAK ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM MENJALANI PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II TENGGARONG: FULFILLMENT OF THE RIGHTS OF CHILDREN IN CONFLICT WITH THE LAW IN UNDERGOING EDUCATION AT THE CLASS II TENGGARONG SPECIAL GUIDANCE INSTITUTION FOR CHILDREN (LPKA)”. Journal Presumption of Law 7 (1):59-72. https://doi.org/10.31949/jpl.v7i1.13067.