Penggunaan Model Problem Based Learnıng Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Sandi Wahyuni SDN 4 Setiamulya
  • Winda Herawati
  • Maya Ulfa Fauziyah
  • Milati Nurlatifah

Abstrak

ABSTRACT

Learning will be meaningful if the teacher involves students directly in learning activities. The observation results show that teacher have not directly involved students so that learning outcomes are still low. The use of the lecture method that is too dominant is one of the reasons that makes students less involved in learning activities and has difficulty solving problems that are contained in learning activities. In addition, the learning activities carried out did not involve students in learning activities. The purpose of this study was to improve the results of learning mathematics on water discharge using the Problem Based Learning (PBL) model in  5th grade SDN 4 Setiamulya. In this research, researchers used classroom action research methods. The findings obtained from research conducted using the Problem Based Learning (PBL) learning model is that learning outcomes in mathematics have increased. It was evident from the Pre-cycle that the number of students who completed the Standard of minimum completeness was only 15 students (34.88%) out of 43 students. In cycle I, the number of students who completed the Standard of minimum completeness increased by 29 students (67.44%). However, it does not meet the predetermined criteria, 85%. In cycle II, the number of students who completed the Standard of minimum completeness increased by 40 students (93.02%), so that the predetermined criteria had been met.

Keywords: learning outcomes, mathematics, PBL

 

ABSTRAK

Pembelajaran akan bermakna jika guru melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung sehingga hasil belajar masih rendah. Penggunaan metode ceramah yang terlalu dominan merupakan salah satu alasan yang membuat siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi debit air menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 4 Setiamulya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Temuan yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah hasil belajar pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Terbukti dari Pra siklus jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 15 siswa (34,88%) dari 43 siswa, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM mengalami peningkatan sebanyak 29 siswa (67.44%). Namun belum memenuhi kriteria yang telah ditentukan yakni 85%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM mengalami peningkatan sebanyak 40 siswa (93.02%), sehingga kriteria yang telah ditentukan telah tercapai.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, PBL

 

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, PBL

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 87
Downloads Count: 297

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

Sandi Wahyuni, Winda Herawati, Maya Ulfa Fauziyah, & Milati Nurlatifah. (2022). Penggunaan Model Problem Based Learnıng Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 122–132. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/3942

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.