Pengaruh Metode Role Playıng Terhadap Keterampılan Sosıal Siswa
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis hasil beberapa penelitian terkait pengaruh metode role playing terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR). Terdapat 15 artikel yang dianalisis berdasarkan kriteria inklusi dalam penelitian. Penelitian ini mengklasifikasikan berdasarkan tingkat kelas, metode penelitian dan pengaruh metode role playing terhadap keterampilan sosial siswa. Hasil dari SLR ini menunjukkan bahwa penelitian pengaruh metode role playing terhadap keterampilan sosial siswa banyak dilakukan pada tahun 2018-2020 pada tingkat SD/MI dikelas V. Selain itu, metode PTK merupakan metode yang paling bayak digunakan dan secara keseluruhan metode role playing terhadap keterampilan sosial siswa sangat berpengaruh positif dan lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa, karena keterampilan sosial selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.