Hubungan Minat Baca Dengan Efikasi Diri Mahasiswa
Survei di Perguruan Tinggi Bandung Raya
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8652Abstract
Di era pesatnya teknologi dan informasi ternyata minat baca pada kalangan masyarakat masih rendah, tak terkecuali pada mahasiswa. Sedangkan membaca merupakan hal yang dasar dalam proses pembelajaran. Dimana jika terjadinya pembelajaran yang baik, maka efikasi diri yang dimiliki akan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya hubungan antara minat baca dengan efikasi diri mahasiswa di Perguruan Tinggi Bandung Raya. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik pengambilan datanya yaitu survei dan menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di perguruan tinggi Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Telkom University. Sampel pada penelitian ini menggunakan Quota Sampling sebesar 376 sampel. Uji data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan efikasi diri mahasiswa. Maka semakin tinggi minat baca semakin tinggi pula efikasi diri mahasiswa.
Keywords:
minat baca, efikasi diri, perguruan tinggi bandung rayaDownloads
References
Akhir, Y. R. (2017). Hubungan Antara Efikasi DIri dengan Minat Membaca Pada Siswa SMK. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Amalia, E. F. (2019). Hubungan Minat Baca dengan Efikasi Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga. Universitas Airlangga.
Hattarina, S., Pratama, H., & Supraptiningsih, L. K. (2020). Kegiatan membaca lebih unggul daripada menonton dalam melatih keterampilan berpikir kritis anak. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 394-401.
Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: DEEPUBLISH.
Ma'rufah, D. A. (2018). Hubungan Antara Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332-343.
Munasiba, M. A. (2017). Hubungan Minat Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus RE Martadinata Kecamatan Batang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134.
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan strategi REACT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah, koneksi matematis, self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262-272.
Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40-47.
Triyono. (2018). Efikasi DIri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Sukoharjo: CV Sindunata.
Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salma Alya Mussafa, Prijana, Asep Saeful Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work