Kegiatan Dhammadesana: Pengaruhnya Terhadap Aktualisasi Diri Sastri dan Sastria di Pasastrian Buddhis Kusalamitra
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6599Abstract
Pendidikan keagamaan Buddha memainkan peran penting dalam memperluas pemahaman akan ajaran Buddha dan pengembangan nilai spiritual. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan melibatkan 40 responden siswa Pasastrian. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan Dhammadesana berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktualisasi diri, terutama dalam aspek sikap spiritual, kepercayaan diri, pengetahuan, dan keterampilan berbicara. Analisis regresi menunjukkan hubungan yang kuat antara kegiatan Dhammadesana dengan aktualisasi diri, dengan koefisien determinasi sebesar 60,1%. Meskipun demikian, 39,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Penelitian ini menggambarkan bahwa kegiatan keagamaan seperti Dhammadesana memiliki peran yang penting dalam membentuk kemandirian, kreativitas, penerimaan diri, spontanitas, dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kesimpulannya, kegiatan Dhammadesana memberikan kontribusi positif dalam membentuk aktualisasi diri siswa Pasastrian Buddhis Kusalamitra, mendorong mereka untuk mengembangkan potensi diri dan menjadi individu yang lebih baik.
Keywords:
Dhammadesana, aktualisasi diri, agama buddhaDownloads
References
Arroisi, J. (2022). Problem Aktualisasi Diri Abraham Maslow Perspektif Al-Ghazali (Analisis Studi Pemikiran Psikologis). Aqlania: Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, 13(2), 169-188.
Chandra, F., & Tiana, S. B. (2023). Pengaruh Aktualisasi Diri Dan Penghargaan Terharap Kinerja Karyawan Pada Kantor Penyiar Rri Ambon. Equilibrium: Journal of Economics and Development Studies, 1(1), 26-35.
Gani, K. N. J., Arroisi, J., & Saifuddin, A. F. (2022). Problem Aktualisasi Diri Abraham Maslow Perspektif Al-Ghazali: Analisis Studi Pemikiran Kejiawaan. Aqlania, 13(2), 169-188.
Madiyono, M. (2020). Ekspektasi Umat Buddha Mengenai Teknik Ceramah Dhamma (Dhammadesana) Oleh Dhammadūta Di Vihara Di Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna, 11(1).
Meylina, M. (2022). Pelatihan public speaking berbahasa Inggris bagi kaum milenial di Kota Padang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 139-145.
Nurcandrani, P. S. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Abdi MOESTOPO, 03(01), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979
Prasetyo, A., & Sutoyo, A. (2022). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Aktualisasi Diri Siswa SMA Negeri 1 Bergas. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(3), 1–23.
Purnomo, D. T. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Tindak Tutur Direktif Dalam Dhammadesana. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 16(2), 31-50.
Sadtyadi, H. (2020). Keterlaksanaan Pendidikan Agama Buddha Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 1–12. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Saeni, E., Cindrakasih, R. R., Muhariani, W., Herman, H., Anggito, P. L., & Safira, D. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 8-15.
Sari, R. K. (2023). Berbicara Tanpa Kecemasan Dalam Praktek Public Speaking. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 8(3), 164-177.
Syauki, S. (2021). Pengaruh Aktualisasi Diri Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Kerja Pegawai Baznas Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), 126-133..
Wardah, W., Syukri, S., Syarif, A., & Yahya, M. (2022). Increasing public speaking capabilities for youth organization Persatuan Pemuda Mangindara. Community Empowerment, 7(10), 1808-1816.
Widodo, H., & Siswoyo, E. (2021). Peran Dharmaduta Keliling Terhadap Pemahaman Buddha Dhamma. Patisambhida: Jurnal Pemikiran Buddha dan Filsafat Agama, 2(2), 58-69.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinda Niwang Nurchasanah, Partono Nyanasuryanadi, Eko Prasetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work