Hubungan Antara Pengetahuan Materi Pelajaran Amdal Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Authors

  • Aliza Natasya Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mohammad Balya Ali Sya'ban Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6108

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan merupakan sikap yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan sikap peduli lingkungan memang tidak didapatkan secara instan namun dapat dipantau langsung oleh guru, karena dapat dikaitkan dengan mata pelajaran sekolah. Salah satunya pada materi pelajaran Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan materi pelajaran AMDAL dengan sikap peduli lingkungan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Cileungsi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Cileungsi dengan sampel berjumlah 124 sampel. Alat pengumpulan data penelitian berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan siswa terhadap AMDAL memperoleh rata-rata skor sebesar 29,9. Ada pun rata-rata skor sikap peduli lingkungan memperoleh skor 151.7. Hasil uji korelasi mengindikasikan besarnya hubungan yang signifikan antara variabel pengetahuan pelajaran AMDAL dengan sikap peduli lingkungan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan pengetahuan siswa tentang materi AMDAL dapat meningkatkan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan.

Keywords:

Knowledge, EIA Study Materials, environmental care attitude

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, E. E., & Wiwin, M. (2020). Hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap dan perilaku peduli lingkungan pada siswa SMAN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2), 82-90. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.16.

Balya, M. Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan (JGEL), 2(1).

Darwin, M. dkk. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Fajriati, K. M., Lestari, D. P. I. ., Rahayu, A. E. ., & Wardani, I. K. . (2022). Kedudukan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Sebagai Pengembangan Kinerja Menuntut Ilmu Peserta Didik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 118–125. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.137

Fauzi, M. dkk. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan Hidup dan Prestasi Belajar Geografi dengan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. Jurnal GeoEco, 4(1).

Gunawan, S. (2004). Analisis Regresi Linear Berganda Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Handayani. A, Murni S, dkk. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 20 Depok. Jurnal EduBiologia, 2(1).

Indrawati, R. (2023). Telaah Studi AMDAL Pada Tahap Prakonstruksi Pabrik Peleburan Timah (Smelter) PT. Laba-Laba Multindo Pangkalpinang Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Lingkungan Sultan Agung, 1(1), 53-63.

Ivan, S. (2010). Penerapan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2009 dalam Lingkungan Pelabuhan Wisata di Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Nusa Penida. Karya Tulis. Universitas Maritim AMNI. Semarang.

Kalangi, K. (2018). Kedudukan amdal tentang eksploitasi pertambangan menurut undang-undang nomor. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Lex Privatum, 6(1).

Khodijah, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2023). Penerapan Green Banking di Lingkungan Bank BJB Syariah Indonesia. Jihbiz: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah, 7(2), 111-123.

Oktaviani, N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Purwanto N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rizal, R. (2016). Studi Kelayakan Lingkungan. Jakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Deepublish Publisher: Yogyakarta.

Saputri, O. dkk. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(2).

Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana, R. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4).

Soleha, S. (2016). Studi Tentang Dampak Program Keluarga Berencana Di Desa Bangun Mulya Kabupaten Penajam Paser Utara. Ilmu Pemerintahan, 4(1), 39-52.

Soleman, S. H., Alauddin, R., & Rosyidi, I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Amdal pada Kegiatan Pertambangan di Provinsi Maluku Utara. Khairun Law Journal, 3(2), 79-92.

Suprayogo, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. UIN-Maliki Press: Malang

Thalib, M. (2019). Membangun Motivasi Belajar dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Utomo, S. W., Hidajat, R. A., & Siregar, M. A. (2021). Ekologi Lingkungan Hidup dan Circular Economy. Universitas Indonesia Publishing.

Wanabuliandari, S. D. A. S., & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan perilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa melalui model ejas dengan pendekatan science edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1-7.

Wiharjo, D. Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Downloads

Abstract Views : 489
Downloads Count: 461

Published

2023-10-01

How to Cite

Putri, A. N., & Sya’ban, M. B. A. (2023). Hubungan Antara Pengetahuan Materi Pelajaran Amdal Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1759–1768. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6108

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.