Peran Pendidik Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kualitas Karakter Siswa
Abstract
Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang dimulai sejak usia dini hingga dewasa. Salah satu jenis pendidikan yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter ialah pendidikan agama Kristen. Pendidikan ini tidak hanya berfokus hanya kepada aspek intelektual, tetapi juga mencakup moral, dan rohani. Guru pendidikan agama Kristen memegang peran yang penting dalam membimbing siswa untuk mengetahui, memahami, dan dapat menerapkan nilai-nilai agama Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Para guru bukan hanya pengajar, tetapi juga merupakan teladan dalam menerapkan ajaran yang sesuai dengan firman. Pendidikan agaman Kristen membantu siswa dalam memahami makna moralitas, etika, dan nilai-nilai kehiudpan yang benar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dalam mencari peran guru pendidikan agama Kristen dalam pembentukan karakter siswa. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen mendorong siswa untuk mengembangkan iman, integritas, dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat. Guru memiliki tanggung jawab sebagai motivator. Segagai motivator, guru pendidikan agama Kristen dapat memberikan inspirasi, dukungan moral, dan membantu siswa mengatasi masalah. Guru memainkan peran penting dalam membentuk karakter kerja keras siswa dan memberikan motivasi untuk mereka agar meraih prestasi. Selain itu, pendidikan karakter adalah tanggung jawab bersama anatar sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Keywords:
pendidik, motivator, karakter siswaDownloads
References
Adu, L. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511
Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–93. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran pendidikan agama kristen dalam keluarga di era digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107–119. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17
Damanik, R. (2019). Hubungan kompetensi guru dengan kinerja guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Djama, E., & Zebua, D. (2020). Keteladanan guru pendidikan agama kristen dalam meningkatkan nilai-nilai tata krama peserta didik [Skripsi]. Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA).
Ene, I., & Barna, I. (2015). Religious dducation and teachers’ role in students’ formation towards social integration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180, 30–35. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.081
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602
Ferianti, Y. (2021). Pentingnya etika kristen dalam pendidikan agama kristen terhadap anak sekolah minggu sebagai dasar pembentukan karakter. Inculco Journal of Christian Education, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.59404/ijce.v1i2.19
Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021a). Peran guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44
Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021b). Peran guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44
Hidayat, F. (2018, November 13). Viral guru di-bully murid, sekolah akan perkuat pendidikan karakter. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4299012/viral-guru-di-bully-murid-sekolah-akan-perkuat-pendidikan-karakter
Kasingku, J. D., & Mantow, A. (2022). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Unklab. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1989. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1989-2002.2022
Kasingku, J. D., & Sasarari, F. N. (2022). Peran guru pendidikan agama kristen sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter siswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1520. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8930
Kementerian Agama Magelang. (2023, May 23). Guru pendidikan agama kristen bertugas mengenalkan kasih sayang Tuhan. Kantor Kementerian Agama Magelang.
Kolibu, D. R. (2017). Tantangan pelayanan dalam tugas mengajar PAK: kajian teologis, pedagogis implementasi pendidikan agama Kristen sebagai integrasi iman dan ilmu. SHANAN: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 132–150.
Mardati, A., Sukma, H. H., Martaningsih, S. T., & Maryanti, I. (Eds.). (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa (1st ed.). UAD Press.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mustofa, A. (2021, September 17). Peran lingkungan dalam membentuk karakter anak. Jawa Pos: Radar Kudus.
Napitupulu, T. N., Theresia, & Deak, V. (2022). Peran pendidikan agama kristen dalam pendidikan moral remaja. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(3), 627–640. https://doi.org/10.55927
Nurhidaya, N., Lundeto, A., & Luma, M. (2021). Peran guru kelas dalam pembentukan karakter siswa eklas III di madrasah ibtidaiyah. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 56–67. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i2.68
Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang tua, anak dan pola asuh: studi kasus tentang pola layanan dan bimbingan keluarga terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1).
Pratiwi, A. R., Mufliha, D., & Adini, P. (2020). Sumber perbedaan individu pada siswa sekolah dasar. PANDAWA: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 134–148.
Puslitbang. (2021). Indeks karakter siswa menurun: refleksi pembelajaran masa pandemi. Kementerian Agama Republik Indonesia.
Rantung, D. A. (2020). Pendidikan agama kristen dalam kehidupan masyarakat majemuk. Lintang Rasi Aksara Books .
Rantung, D. A., & Boiliu, F. M. (2020). Teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama kristen yang antisipatif di era revolusi indusri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1), 93–107. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1770
Sadulloh, U. (2018). Pengantar filsafat pendidikan (12th ed.). Alfabeta.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter, spritual, moralitas dan rohani peserta didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 162–178. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.155
Satria, R., & Shahbana, E. B. (2020). The SWOT analysis of strengthening character education in junior high school. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 56–67. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.827
Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran orangtua sebagai pendidik dan pembentuk karakter spiritualitas remaja. Jurnal Shanan, 3(2), 95–114. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1581
Sundari, F. (2017). Peran guru sebagai pembelajar dalam memotivasi peserta didik usia sd. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar,” 60–76.
Tabi’in, A. (2017). Kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mtsn pekan heran indragri hulu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 156–171. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).629
Tabrani, A., & Harefa, I. D. (2021). Pendidikan agama kristen dan tuntutan kualitas SDM menghadapi persaingan masyarakat global. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 287–305. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.82
Wijayanto, N. (2023, August 2). Ganjar Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter Wujudkan Indonesia Emas 2045. Sindonews.
Zulkarnain, D. (2019). Peran guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa kelas x di sekolah menengah atas negeri 1 palangkaraya. Jurnal Civic Education, 3(1), 27–36.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winda Novita Warouw, Edwin Melky Lumingkewas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work