Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mesiyanti Putri Pradila Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5759

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam membantu manusia mengembangkan potensinya untuk menghadapi perubahan di masyarakat. Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar, adalah dengan meningkatkan mutu pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  teknik  tes, observasi,  dan kuesioner.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan konsentrasi siswa meningkat dari 31,33% menjadi 93,61% dalam kategori tinggi. Begitu juga dengan hasil belajar siswa, yang meningkat dari 20% menjadi 84,06% siswa mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model pembelajaran Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi siswa dan hasil belajar mereka dalam mata pelajaran IPS. Dalam proses pembelajaran ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan menyelesaikan masalah, yang memungkinkan mereka untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pendidikan, menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat membawa perubahan positif dalam konsentrasi belajar dan hasil akademik siswa.

Keywords:

Problem Based Learning, Konsentrasi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 1-7.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.

Arends, R. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asrori, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima

Aqib, Z. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Febrita, I., & Harni, H. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619-1633.

Hawa, A. A., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi Phet pada Materi Termodinamika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 327-334.

Iqbal, M. (2021). Evaluasi Pengajaran Bahasan dan Sastra Indonesia. Syiah Kuala University Press.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). ModelPembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2).

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. Int. J. Sci. Technol. Res, 8(9), 1140-1143.

Ni'am, S. T. F., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Praktik Debat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 116-122.

Olivia, M. ., Ananda, D. ., & Indarini, E. . (2022). Kajian Meta Analisis: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa sekolah dasar Dengan Model Problem Based Learning . Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 126–134. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.130

Pramiasari, A. D. ., Muslim, A. ., & Supriatna, S. (2022). Problem-Based Learning in Elementary Schools: The Study Of Curiosity and Mathematics Communication Ability. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.27

Puyada, D., & Putra, R. R. (2018). Meta analisis pengaruh problem based learning dan virtual laboratory terhadap hasil belajar siswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), 9-16.

Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1043-1049.

Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.218

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Safitri, A. N., Anugrahana, A., & Saptoro, A. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pasca Pandemi Covid 19 di SDN Bangunrejo 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4908-4915.

Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8-17. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 99-108.

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z's critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88.

Sunjaya, E. (2022). Model Problem Based Instruction Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.5

Surya, Y. F. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.

Yuliasari, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.514

Yusnaldi, E. (2019). Pengaruh model sq4r (survey, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar ips materi penjajahan belanda di indonesia mahasiswa Semester v pgmi fitk uin sumatera utara medan tahun akademik 2019/2020. Tadris IPS.

Downloads

Abstract Views : 1385
Downloads Count: 645

Published

2023-10-26

How to Cite

Pradila, M. P., & Kristin, F. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1947–1953. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5759