PERGAULAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.560Abstract
Konsep diri adalah pemikiran, perasaan serta gambaran mengenai diri sendiri yang meliputi karakteristik dan ciri-ciri yang ada pada diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsep diri yang dimiliki siswa dalam pergaulan teman sebaya di Sekolah Menengah Kejuruan 1 PSKD Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner mengenai Pergaulan Teman Sebaya dan Pembentukan Konsep Diri dengan jumlah populasi sebanyak 42, sebagai sampel berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pada uji korelasi terdapat hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan pembentukan konsep diri sebesar 0,645 (64,5%) yang apabila ditinjau berdasarkan tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi menunjukkan korelasi kedua variabel bersifat kuat. (2) Pada uji Regresi, diperoleh hasil regresi sebesar 0,645 atau 64,5% dan apabila ditinjau dari R Square atau Determinasi Variansnya sebesar 0,395 atau 39,5% yang artinya hanya sebesar 39,5% keterhubungan pergaulan teman sebaya dengan pembentukan konsep diri dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Dari hasil analisis data uji signifikansi diperoleh hasil Anova 0.000 <0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan pembentukan konsep diri. (4) Diperoleh model persamaan regresi yaitu ̂= - 2.596 + 0.946X, artinya adalah apabila siswa memiliki hubungan pergaulan teman sebaya maka sangat kuat hubunganya dengan pembentukan konsep diri
Keywords:
Pergaulan, teman sebaya, Pembentukan konsep diriDownloads
References
Andi Vonda Osada Junike, Jumaini, W. (n.d.). Konsep Diri Remaja Putus Sekolah Di Panti Sosial Bina Remaja Rumbai (PSBR). JOM, 2(2), 935–943.
B.Elizabeth, H. (2002). Psikologi Perkembanan. Jakarta: Erlangga.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ghufron. (2010). Teori- teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gita Kania Saraswatia, Zulpahiyana, S. A. (2015). Siti Arifah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja Di SMPN 13 Yogyakarta. Journal Ners And Midwifery Indonesia, 3(2), 33–38.
H, A. (2009). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aditama.
Hadi, A. S. (2008). Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: UNS Press.
Irtanti, E. R. (2014). “Etika.” Jakarta: Universitas Kristen Indonesia.
Izzaty, R. E. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
J.P, C. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Novia Dwi Rahmaningsih, W. M. (n.d.). Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi, 41(2), 179 – 189.
Ranny, Rize Azizi A.M, Ervina Rianti, Sinta Huri Amelia & Maya Nova Nurva Novita, E. L. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI, 2(2), 40–47.
Santrock, J. W. (2007). Remaja, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. (2015). Psikologi Keperawatan. Jakarta: EGC.
Sundari, R. dan. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syamsu, Y. L. N. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
W.Nina, S. (2012). Psikologi Sosial-Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
W.Sarwono, S. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Zulkifli. (2001). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Pt Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work